5 Rekomendasi Wisata kuliner Terhits di Lampung

Seperti wilayah Indonesia lainnya, provinsi Lampung bukan hanya terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya saja dengan menyuguhkan keindahan pemandangan alam. Akan tetapi provinsi ini juga terkenal dengan berbagai destinasi wisata kulineran yang menggiurkan loh yang didukung dengan desain tempat yang asyik dan menarik sebagai spot foto. Jika kalian berkunjung ke Lampung, yuk melipir untuk mencicipi sajian serta berfoto ria ke tempat wisata kuliner yang kami rekomendasikan berikut ini.

Liep’s Café

Ingin makan di tempat yang asri dan menyejukan? Yuk berkunjung ke Liep’s Café. Karena di tempat ini kalian akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan alam dengan tumbuhnya berbagai tanaman di sekitar outdoor restoran. Sedangkan untuk bagian indoornya, suasana pun akan terasa nyaman dan hangat dengan penggunaan ruangan yang didominasi oleh warna kecoklatan. Dari mulai bagian dinding, hingga ornament lainnya.dengan penggunaan material kayu, pastinya akan memberikan kesan elegan pada tempat ini. Belum lagi dengan adanya alunan live music yang akan menambah suasana restoran menjadi harmoni.

Untuk menu makanannya sendiri,kalian bisa bebas memilih. Karena tempat ini menyediakan makanan khas barat hingga timur tengah loh. Jika mengunjungi tempat ini, kami sarankan agar kalian memilih tempat pada ruangan balkon. Karena tempat tersebut merupakan tempat favorite karena menyajikan suasana yang cukup romantic. Terlebih pada menjelang malam.

Liep’s Café

Jalan Wolter Monginsidi No.33, Lampung

 

Joie Gelato

Makanan jenis gelato ini memang sedang populer di Indonesia, begitu juga di Lampung. Berlokasi dekat dengan Liep’s Café, gelato ini memang sangat digemari oleh pecinta sajian yang dingin dan menyegarkan. Selain rasa gelato yang berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya, yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah konsep yang unik dan nyaman. Pas banget bukan buat kalian yang ingin berfoto ala instagramabel.

Joie Gelato

Jalan Wolter Monginsidi No.33, Lampung

Kiyo Pahoman Coffeshop

Tempat yang satu ini memang didirikan dengan nuansa terbuka. Tentunya hal ini bertujuan agar siapa saja yang datang ke tempat ini dapat merasakan kenyamanan serta kehangatan untuk berkumpul. Baik dengan keluarga, teman atau pun dengan sang kekasih. Jika kalian tidak suka dengan nuansa terbuka, teangn saja, karena ditempat ini juga menyediakan ruangan outdor yang tidak kalah nyamannya. Soal menu, siap – siap nih kalian ketagihan mencicipinya. Karena sajian kopi susu di tempat ini akan membuat kalian merasakan kenikmatan khas Kiyo Pahoman. Karena kopinya sendiri memang asli dari wilayah Tanggamanus yang merupakan penghasil biji kopi terbaik di provinsi Lampung. Tak hanya unggul dalam sajian kopi, tempat ini pun terkenal dengan sajian menu chicken teriyaki, chiken barbeque dan oy kodon. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau loh.

Kiyo Pahoman Coffeshop

Jalan Cuk Nyak Dien, Palapa, Lampung

Banana Foster Lampung

Dari namanya memang biasa saja, namun jika kalian mengunjunginya, pastinya kalian akan tertarik dan bahkan ketagihan untuk mengunjunginya secara berulang. Terlebih pemilik kedai ini merupakan artis kenamaan ibukota, yaitu hengky Kurniawan. Pastinya kalian akan penasaran bukan dengan kenikmatan banana foster yang memang terdiri dari berbagai macam pilihan rasa.

Banana Foster Lampung

Jalan Woltermongonsidi No.115 Lampung

 

Lampung Elephant Park

Siapa yang tidak kenal dengan tempat ini? Terletak di Ibu Kota Bandar Lampung, jelas sekali kalau tempat ini memang menjadi favorite masyarakat lokal sampai dengan mncanegara. Di tempat ini, bukan hanya dapat mencicipi berbagai makanan yang beragam saja. Akan tetapi ada banyak sekali aktivitas yang sangat menarik untuk ditonton. Seperti aktivitas olahraga dan masih banyak lagi. Terlebih jika sedang berlangsung festival kuliner. Hati – hati kantongmu jebol yah karena tergiur dengan berbagai sajian yang dijajajkan di tempat tersebut.

Lampung Elephant Park

Jalan Lantana Enggal, Lampung

 

Sebenarnya ada banyak sekali wisata kuliner Lampung yang menarik untuk dikunjungi. Namun untuk memudahkan kalian, kami merangkumnya menjadi yang terbaik dan terhits di Indonesia. Terima kasih dan nantikan artikel selanjutnya yah!

BOGOR PUNYA WISATA KULINER TERENAK. JADI DESTINASI FAVORIT WISATAWAN!

Wisata kuliner memang sedang mencuri perhatian wisatawan. Selain berkunjung ke wisata alam, destinasi kuliner kini menjadi destinasi favorit bagi yang berlibur. Memang kuliner sangat diminati orang-orang. Selain cita rasa yang khas saat berlibur dengan mencicipi kulinernya tentu kenangan saat memakannya akan terus terasa. Saat kita mencoba destinasi kuliner tentu tidak ada semua di tiap kota, itulah mengapa wisata kuliner akan menjadi minat masyarakat saat berlibur ke tiap kota. Salah satu nya adalah kota bogor. Ya bogor memiliki makanan khas yang menjadi favorit semua orang. Dengan beragam pilihan, kuliner bogor membuat wisatawan luar kota yang sengaja berakhir pekan ke bogor untuk berburu kuliner yang sudah teruji terhadap makanan enaknya. Artikel kali ini akan menceritakan kuliner terenak versi bogor.

Sambil bernostalgia, kuliner bogor ini katanya jadi favorit masyarakat bogornya loh. Walaupun sering dalam memakannya, tapi masyarakat bogor tetap menjadi favorit semua orang. Nah, bagi kalian pecinta travelling selain menikmati kawasan alam bogor. Kalian wajib banget nyobain kulinernya. Seperti makanan lumpia basah suryakencana sudah berdiri sejak tahun 1972 loh, wah sangat lama bukan? Nah, kuliner yang satu ini menjadi kuliner favorit di bogor. Walaupun memang banyak yang menjual lumpia basah tapi lumpia ini berbeda, ia memiliki ciri khas rasa nya tersendiri. Isian lumpia basah suryakencana ini ternyata juga sangat simple loh, hanya bengkoang, tahu goreng, tauge dan telur saja. Tapi rasa dan aroma nya kalian pasti akan ingin mencoba nya terus menerus. Dan juga bila kalian ingin mencicipi nya harus siap mengantri ya!

Nah, selain lumpia basah, ada makanan yang menjadi favorit di bogor, yaitu soto bogor. Tentu warga bogor sudah tau dengan soto khas nya. Soto bogor dikenal dengan soto kuning, nah yang paling terkenal adalah soto bogor pak yusuf, sudah berdiri sangat lama yakni 1977. Jika kalian berlibur ke bogor, kalian wajib cobain soto bogor ini karena soto ini sedikit berbeda dengan yang lainnya soto khas bogor biasanya dicampur dengan cemilan risol jadi lebih komplit saat memakannya. Tapi kalian akan merasakan antri yang sangat panjang saat membelinya, karena soto bogor pak yusuf ini banyak dicari orang.

Selain itu, ada kuliner asinan yang tentu merupakan makanan khas bogor. Namanya “asinan bogor” ya asinan bogor memang bisa di buat di rumah sendiri. Tetapi asinan bogor khas bogor ini tentu memiliki cita rasa sendiri dan rasanya yang tentu lebih enak. Asinan bogor biasanya dikenal dengan buah-buah yang di hidangkan secara berkuah, dengan rasa pedas asin manis. Nah asinan bogor khas bogor ini tentu sudah berdiri sejak tahun 1967 dan ia merupakan pelopor asinan buah terbaik di bogor. Kalian yang kebogor wajib banget ngerasain asinan bogor yang satu ini.

Nah yang terakhir merupakan sate sumsum pak OO. Kalian pasti bingung sate sumsum itu seperti apa? Ya sate sumsum di bogor sudah sangat terkenal. Dan sate sumsum banyak di cari orang bila berlibur ke bogor. Sate sumsum ini terdiri dari sate lima tusuk sate sumsum dan lima sate ginjal dengan bumbu kacang yang berlimpah.

Nah, itulah cerita kuliner bogor yang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung. Kira-kira mana yang akan menjadi favorit kalian ni pecinta kuliner ?

Rekomendasi Wisata Kuliner Terbaik di Jakarta Barat yang Super Nikmat!

Siapa di anatar kalian yang gemar sekali dengan hobi makan? Nah, kali ini kami akan merekomendasikan wisata kuliner terbaik yang wajib kalian cobai tepatnya berada di daerah Jakarta Barat. Di Jakarta Barat ini kita tidak hanya dapat menemukan berbagai kuliner khas Nusantara saja melainkan terdapat berbagai sajian mancanegara yang juga tidak kalah lezat dan nikmat. Jenis varian kuliner santapannya juga bervariasi jenisnya. Dimana telah hadir berbagai kreasi kuliner di dalamnya. Penasaran? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

Tempat Kuliner Terbaik di Kota Jakarta Barat

1. Sop & Soto Khas Betawi Bang Nawi

  • Alamat: Jalan Tanjung Duren Raya Nomor 362, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Tempat makan yang pertama ini pastinya sudah tidak asing bagi kita. Dimana tempat ini populer dengan kuliner Jakarta Barat terbaik. Sajian yang ada di tempat kuliner ini sangat diandalkan. Wisata kuliner satu ini dapat kalian temukan di kawasan Tanjung Duren yang khas pada sotonya dan membuat para petualang kuliner tertarik.

Kuah gurih ditambah susu berwarna putih yang terasa nikmat dan ditambah engan berbagai perpadua rempah-rempah, daun bawang, potongan tomat, jeruk limau, serta daging empuk yang menggugah selera.

2. Bakmi Ayam Acang

  • Alamat: Jalan Dr. Susilo III Nomor 134, RT. 4/ 5, Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Selanjutnya adalah wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan yang tidak boleh kalian lewatkan. Kuliner yang terbilang legendaris ini telah dibuka sejak tahun 1960-an yang telah memuaskan para petualang kuliner. Tempat makan ini juga terbilang sederhana, tetapi kalian akan menunggu cukup lama untuk bisa memperoleh bangku duduk saat jam makan siang tiba.

3. Sate Kim Tek

  • Alamat: Jalan Panjang Arteri Kelapa Dua Raya Nomor 64 H, RT. 8/4, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Sate Kim Tek adalah restoran yang memiliki menu spesial sate daging dengan tampilan yang tidak jauh berbeda dengan makanan jenis lainnya. Rasa kuliner yang ada di Jakarta Barat ini juga khas dengan llehan kuah kecap yang meresap dalam potongan daging. Sate ini teraga semakin segar dengan dilengkapinya kombinasi bawang, cabai, serta jeruk nipis.

4. Layar Seafood & Ikan Bakar

  • Alamat: Jalan Pesanggrahan Raya Nomor 80, RT. 1/ 3, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat

Berikutnya adalah wisata kuliner yang menyediakan hidangan yang segar dan memuaskan lidah dan perut. Dimana sajiannya dijamin nikmat dan pasti tidak akan ada gangguan bau amis. Tempat satu ini bisa jadi rekomendasi terbaik bagi kalian.

5. Sarang Oci

  • Alamat: Jalan Panjang Arteri, Kelapa Dua Raya Nomor 99, RT. 8/2, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Sarang Oci adalah makanan khas Manado, dimana kalian bisa menyantap makanan disana dengan memanjakan lidah dan mengenyangkan perut kalian. Restoran yang satu ini juga cocok sekali kalian kunjungi. Dimana setiap menu maknana yang dihidangkan, kalian akan menemukan kelezatannya pada makanan tersebut.

6. SotoSapi Gosyen

  • Alamat: Jalan Panjang Nomor 66, RT. 6/1, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Dan yang terakhir adalah soto yang bisa kita andalkan dengan kenikmatan yang luar biasa. Sop sapi gosyen ini akan membuat kita ketagihan, dimana akan hadir cincangan daging yang lembut dan akan menyempurnakan kelzatan kuliner ini. Aroma yang dihadirkan soto ini juga sangat nikmat, dimana racikan bumbunya sedap dan nikmat.

Nah itu dia 6 daftar tempat wisata kuliner yang bisa kalain kunjungi di Jakarta Barat dan bisa kalian jadikan refrensi untuk kalian nikmati hidangannya.

5 Kulliner Kekinian di Palembang Yang Bikin Nagih

Kota yang terkenal dengan makanan pempek ini rupanya tidak kehabisan ide untuk mengkreasikan berbagai makanan dari yang biasa menjadi luar biasa. Selain rasa, tampilan yang unik juga dapat menjadi daya tarik dan penggugah selera makan loh. Konsep ini patutnya ditiru oleh para usahawan yang bergerak di bidang kuliner. Jika kalian berkesempatan untuk berkunjung ke kota ini, yuk cicipi makanan kekinian berikut ini!

Fruit- Spenser

Sajian buah semangka dan melon yang di potong atau di jus, itu sudah biasa. Tapi, bagaimana jika penyajiannya langsung satu buah utuh? Jangan kaget guys, dengan penyajian yang seperti ini bukan berarti anda dibuat repot karena harus memotongnya sendiri. Anda cukup membuka keran yang tertempel pada buah tersebut untuk dapat menikmati sajian sari buah yang menyegarkan tanpa harus memotong ataupun mengorek isi buah tersebut. Jika kalian ingin mencicipinya, yuk kunjungi café Inselcius.

Inselcius

Harga : Rp. 65.000,-

Lokasi : Jl. Angkatan 66 Blok 6 (K/L), Palembang

Jam Operasional : 11.00 – 22.00

 

Unicorn Toast

Berbicara mengenai nuansa unicorn, pasti yang ada dibenak anda adalah nuansa warna – warni yang menyegarkan. Perpaduan nuansa warna ini, tidak seperti rainbow cake yang lebih dulu hadir. Unicorn tost disini adalah sajian roti panggang dengan keju warna – warni pelangi yang menggugah selera ngunyah. Selain memiliki tampilan cantik, sajian ini memiliki rasa yang lezat dan nikmat loh. Selain anda, sikecil juga pastinya akan suka dengan sajian yang cantik dilihat dan enak dimakan. Sajian ini dapat kalian cicipi di Equatore Rooftop Café.

Equatore Rooftop Café

Harga : Rp. 35.000,-

Lokasi : barong Hotel, lt.5 Komplek Mall Palembang Squere, Jl. POM IX, Ilir Barat I, palembang

Jam Operasional : 10.30 – 23.00

 

Risol Lumer

Risol umumnya berisi aneka sayuran, telur dan daging ayam. Tapi ditempat ini, kamu akan menemukan risol dengan isian coklat lumer yang bikin belepotan. Seperti pisang coklat lumer yang lebih dlu hadir, pemilik usaha inipun berinovasi menciptakan sajian risol lumer berbahan adonan serba coklat. Mulai dari isian, hingga taburannya. Dijamin nyoklat banget dan bikin kamu belepotan.

Risol Lumer

Harga : Rp. 25.000 / 5 buah

Lokasi : Jl. Perumahan Grand Hill 3 Blok C, Jl. Lunjuk Jaya, Ilir Barat I, Palembang

 

Macan (Mangga Cantik)

Macan makan macan, sama dengan mama cantik makan mangga cantik. Perpaduan antara mangga manis dengan es krim vanilla dengan diberi toping stoberi bukan hanya dapat menciptakan tampilan yang cantik, tetapi rasa kesegaran buah mangga yang manis beserta dinginnya es krim pastinya bisa bikin lidah kalian bergetar. Bayangkan jika ditengah teriknya kota Palembang, anda menyantap hidangan ini. Behhh…. Pasti bikin kamu gagal move on deh. Tertarik untuk mencicipinya? Yuk dating langsung ke House Of Merich.

House Of Merich

Harga : Rp. 25.000,-

Lokasi : Jl. Mayor Santoso No. 3247 – 3248, KM 3.5, Palembang

Jam Operasional : 11.00 – 21.00

 

Indomie Mangga

Gak kebayangkan bagaimana jika sajian ini adalah indomie yang diberi taburan buah mangga. Rasanya kurang pas jika mereka berinovasi seperti ini. tapi tunggu dulu, dengan nama Indomie Mangga, bukan berarti Indomie dicampur dengan buah mangga yah. Akan tetapi sajian ini adalah buah mangga yang diserut memanjang menyerupai mie yang diberi saus dan bubuk cabai. Perpaduan ini menghasilkan rasa manis, asem, pedas dan segar pula. Jika kalian berniat mencicipinya, yuk kunjungi mango Mania Mantap.

Mango Mania mantap

Harga : Rp.18.000,-

Lokasi : Jl. Agung R. Soeprapto, Palembang

Jam Operasional : 11.00 – 18.00

 

5 Jajanan Unik Khas Betawi Yang Enak dan Bikin Nagih

Betawi merupakan suku yang berada di Indonesia dan menjadi penduduk inti di kota Jakarta. Seperti daerah Indonesia lainnya, Betawi juga memiliki adat, kebudayaan serta kuliner yang menjadi ciri khas suku ini. Disini, kita akan membahas mengenai kuliner yang menjadi ciri khas dari suku Betawi.

Berbicara mengenai kuliner, Betawi memang memiliki makanan yang memiliki rasa yang nikmat serta pas dilidah warga Jakarta umumnya. Dari makanan yang berat hingga makanan ringan dan bahkan adapula minuman yang memang menjadi ciri khas dari suku ini. Bagi kalian yang suka ngemil dan ingin mencoba cemilan khas betawi, yuk simak 5 jajanan Betawi yang enak dan bikin nagih.

 

Selendang Mayang

Dicuaca yang panas, sambil bersantai cocok banget jika kamu menjadikan minuman ini sebagai pelepas dahaga yang menyegarkan. Yupz, es selendang mayang yang merupakan salah satu minuman khas Betawi yang melegenda.tidak hanya menegarkan, minuman ini bisa bikin perut kamu kenyang loh karena terbuat dari bahan dasar tepung beras sehingga dapat mengurangi rasa lapar alias mengenyangkan. Perpaduan antara kue kenyal warna – warni yang disiram dengan kuah santan dan gula merah yang dicairkan memberikan sensasi manis yang bakal bikin kamu susah move on.

 

Bir Pletok

Sebelumnya kita membahas minuman yang menyegarkan dimusim panas. Nah, Betawi juga punya loh minuman yang pas dan cocok banget dikonsumsi di cuaca dingin. Eits… jangan berfikir negative dulu yah guys ketika mendengar namanya. Bir yang satu ini halal kok dan dapat menyehatkan serta menyegarkan badan kamu. Walaupun menggunakan kata “bir”, namun minuman ini 100 persen bebas alcohol kok. Minuman yang diracik dengan bahan – bahan tradisional seperti sari jahe asli, sari bunga selasih, gula dan beberapa jenis akar – akaran menjadikan rasa yang dihasilkan agak pedas yang membuat tubuh menjadi hangat loh.

 

Kerak Telor

Jika kalian ingin mencicipi cemilan ini, kalian hanya dapat menemukannya di kota Jakarta loh. Kulliner asal betawi yang menjadi trade mark-nya Jakarta ini bisa dibilang sebagai omletnya Betawi loh. Makanan yang terbuat dari tepung ketan dan telur dengan topping serundeng menjadikan jajanan tradisional ini memang sangat nikmat dengan rasa yang khas. Dengan proses pemasakan yang cukup unik yaitu tanpa menggunakan minyak sayur dan menggunakan tungku pembakaran.

 

Kue Dongkal

Gurih dan manis, kata itulah yang akan kalian ucapkan ketika mencicipi cemilan ini. Sajian yang sering dihidangkan dalam upacara adat Betawi ini dapat kamu temukan diberbagai pasar yang menjajakan makanan tradisional. Dengan rasa yang hampir mirip dengan kue putu, cemilan ini memiliki permukaan yang membentuk pola belang – belang putih dan coklat karena proses pemasakannya dikukus menggunakan aseupan yang diisi dengan adonan tepung beras dan gula aren secara selang – seling.

 

Kue Rangi

Jajanan yang satu ini cukup mudah loh ditemukannya karena tidak sedikit penjual cemilan ini yang menjajakan makanan ini dengan berkelliling kampong dengan cara dipilkul. Masih dengan sensasi manis dan gurih, jajanan ini memang terasa lebih nikmat lagi jika disajikan dalam keadaan hangat. Terbuat dari tepung kanji dengan kelapa parut kemudian dipanggang dengan menggunakan cetakan khusus, penyajian cemilan inipun menggunakan gula merah yang dicairkan sehingga menciptakan harmoni dimulut sejak gigitan pertama.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Betawi yang patut kalian cicipi. Jika kalian tertarik untuk mencicipi jajanan tradisional khas Betawi lainnya, kalian dapat mengunjungi Setu Babakan di jl. M Kahfi II kec. Jagakarsa, Jakarta selatan.

5 Makanan Indonesia yang Digemari Warga Negara Asing

Negara Indonesia sejak dahulu kala memang terkenal dengan negara penghasil rempah – rempah. Tidak halnya sebelum negara ini merdeka, banyak negara lain yang ingin menguasai atau menjajah negara ini. Salah satu tujuan mereka menjajah negara ini adalah keinginan mereka untuk merauk berbagai rempah – rempah yang ada di Indonesia.

Dengan keahlian yang dimiliki warga negara Indonesia tentunya mereka dapat menciptakan berbagai hidangan penggugah selera yang hanya dapat ditemukan di Indonesia dengan rasa yang berbeda dan menjadi ciri khas dari tanah air ini. Walaupun banyak negara lain yang meniru masakan Indonesia, tetap saja mengenai rasa Indonesia menjadi juaranya.

Dengan racikan tangan – tangan orang Indonesia, nyatanya mampu menarik warga asing untuk tertarik mencicipinya dan bahkan ada diantara mereka yang mulai ketagihan untuk menyantapnya. Ingin tahu makanan khas Indonesia apa saja yang disukai Warga Negara Asing? Yuk, simak ulasannya.

Gado – gado

Kalau diluar negri ada salad, nah kalau di Indonesia jelas ada gado – gado. Jenis makanan yang berasal dari Indonesia ini nyatanya sudah pernah loh mengikuti kompetisi yang bersaing dengan hidangan negara – negara lain dan bahkan pernah memperoleh galar juara pertama. Penilaiannnya sendiri didasarkan pada nilai estetika dan  keunikan bahan yang digunakan serta kelezatan rasanya.

Makanan ini cukup terkenal loh di berbagai negara, terutama di Napoli, Italia. Dengan bahan menggunakan beragam sayuran yang telah direbus ditambah dengan bumbu kacang menjadikan hidangan ini memiliki rasa yang unik serta nikmat.

Rendang

Bukan hanya warga negara Indonesia saja yang menyukai masakan olahan daging yang berasal dari Sumatra Barat ini. Akan tetapi banyak juga warga negara asing yang menyukai santapan ini. Seperti yang kalian ketahui bahwa makanan ini sudah berhasil menduduki posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu.

Daging yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah – rempah menjadikan makanan ini sangat nikmat jika dihidangkan dengan sepiring nasi hangat. Nggak heran kalau makanan ini memiliki rasa yang khas dan bumbunyapun terasa meresap disetiap gigitannya mengingat proses memasaknya pun cukup lama, yaitu selama minimal 4 jam. Kombinasi bumbunyapun membuat makanan ini bisa bertahan hingga 1-4 minggu.

Gudeg

Masih dengan makanan yang pekat dengan bumbu berbagai rempah yaitu gudeg. Tak seperti rendang yang berbahan utama daging, gudeg asal kota Jogja ini berbahan utama nangka muda loh. Jika kalian berkesempatan berkunjung ke luar negri, kalian akan menemukan gudeg dalam kemasan kaleng loh. Terbayangkan betapa banyaknya peminat gudeg ini di luar negri. Belum lagi jika kamu berkunjung ke Melbourne, Australia. Di negara ini kamu akan dapati restoran yang menyajikan makanan ini, tepatnya di Claytone Road.

Tempe

Makanan yang cukup merakyat ditanah air ini rupanya sudah mendunia loh. Bahkan ada warga Indonesia yang sukses dengan usaha kuliner berbahan tempe diberbagai negara. Terbuat dari kedelai, tempe ini bisa digabungkan dengan cara penyajian yang bervariatif loh. Sampai – sampai masyarakat Jepang ada yang membuat hidangan ini dan menjualnya dalam sebuah bazar kuliner jepang sehingga makanan ini menjadi favorite di negri sakura.

Sate

Mulai dari sate ayam hingga sate kambing, tusukan daging yang dibakar dengan arang ini rupanya selain dapat memikat warga negara Indonesia, makanan ini menjadi salah satu makanan yang digemari oleh warga negara asing loh. Ada beberapa restoran Internasional memasukan sate ini kedalam menunya seperti di kota New York. Kamu dapat menemukan hidangan ini di restoran bernama Satay Junction, New York yang menyediakan sate sebagai menu andalannya.

4 Daftar Makanan Dengan Nama Unik di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan keberagaman mulai dari suku, budaya, hingga tradisi yang bisa dikatakan cukup unik. Tak terkecuali dengan kulinernya. Cita rasa makanan tanah air nyatanya cukup menggoda lidah para pecinta kuliner di Indonesia hingga ke berbagai manca negara. Diberbagai wilayah di Indonesia, tentunya dimasing-masing daerahnya terdapat berbagai kuliner yang menhjadi ciri khasnya. Bukan hanya soal rasanya saja, akan tetapi di Indonesia sendiri memiliki berbagai makanan dengan nama yang cukup unik dan membuat semua orang penasaran dengan makanan tersebut. Apa kalian juga penasaran dengan nama makanan ini dan bagaimana tampilannya? Yuk, simak daftar makanan dengan nama unik di Indonesia.

 

Nasi Kentut

Wadidaw!!! Mendengar namanya saja bisa bikin kita ilfil, tapi tahan sebentar guys. Dengan nama yang menjijikan ini bukan berarti aroma makanan ini seperti kentut loh. Makanan yang berasal dari Medan ini merupakan makanan yang cukup lezat loh. Apalagi jika dihidangkan bersama lauk pauk seperti ayam goreng dan ikan pepes. Kenapa makanan selezat ini dinamakan nasi kentut?

Alasannya pemberian nama ini adalah karena proses pemasakan nasi ini menggunakan daun kentut. Yaitu sejenis tanaman merambat yang diberi nama daun kentut karena khasiatnya mengatasi perut kembung. Jika kalian tertarik untuk mencicipinya, harga yang ditawarkan cukup terjangkau loh. Yaitu kisaran Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribu bersamaan dengan lauk pauknya.

 

Nasi Kucing

Masih dengan makanan pokok warga Indonesia, yaitu nasi. Seperti nasi kentut, nasi ini bukan berarti nasi olahan daging kucing atau nasi bekas makan kucing yah sobat kulliner. Akan tetapi pemberian nama ini dicondongkan kepada porsinya serta lauknya yang persis seperti ketika seseorang memberi makan kepada kucing, alias sedikit sekali.

Makanan yang dapat kalian temukan diberbagai angkringan atau restoran seperti di restoran Sate Khas Senayan yang menghadirkan makanan ini dalam daftar menunya ternyata memiliki rasa yang cukup nikmat. Bagi kalian yang terbiasa makan dengan porsi besar, tentunya tidak cocok untuk menjadikan makanan ini menu makan siang mengingat porsinya yang sedikit.

Nasi ini dibungkus dengan porsi sedikit yang sudah dicampur dengan berbagai lauk seperti ayam suir, cumi, tempe orek dan lauk lainnya dengan porsi sedikit. Harganyapun sangat ekonomis, mulai dari Rp. 3 ribu sampai Rp. 5 ribu per bungkusnya.

 

Kuku Macan

Jangan takut diterkam macan jika mencicipi kuku macan, karena kuku macan disini merupakan nama dari makanan sejenis amplang atau kerupuk yang memiliki rasa ikan tenggiri dengan tekstur yang renyah. Pemberian nama ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai kuku macan. Kuku macan memang menjadi cemilan mengasyikan disaat bersantai. Dengan rasa yang lebih menyengat dan menggigit rupanya dalam proses pembuatan kuku macan ini menggunakan bumbu-bumbu yang spesial sehingga banyak orang yang ketagihan dan bahkan enggan berhenti jika sudah mengunyah cemilan ini.

 

Kerupuk Melarat

Jangan takut hidup melarat yah guys ketika menikmati cemilan ini. Memang namanya kerupuk melarat, tapi gak bakal kok bikin kamu melarat. Kerupuk melarat asal kota Cirebon ini memang sangat enak dan rendah lemak loh. Cemilan dengan proses pemasakan yang tidak menggunakan minyak ini, tentunya menjadi pilihan yang tepat jika kalian menghindari masakan yang berminyak. Dengan pemasakan menggunakan pasir sebagai pengganti minyak, pantas saja jika kerupuk ini diberi nama kerupuk melarat karena prosesnya pembuatannya cukup sederhana dan merakyat. Hadir dengan beragam warna, merupakan daya Tarik dari makanan ini. Harganya pun sangat terjangkau dan cukup mudah ditemukan di warung-warung.

3 Rekomendasi Ice Cream Unik dan Enak di Jogja

Buat kalian yang sering atau sudah pernah mengunjungi kota ini, pastinya kalian tahu betapa panas dan teriknya kota ini pada siang hari kala musim kemarau tiba. Kota yang terkenal dengan tempat-tempat wisata dan barang – barang unik serta kuliner-kuliner yang menggugah selera menjadi daya tarik dari kota ini. Bukan hanya wisatawan lokal saja, tetapi banyak pula turis-turis dari berbagai negara yang tertarik dengan kota pelajar ini. Memasuki musim kemarau ini, ada baiknya kita membahas suatu hal yang menyegarkan, yaitu ice cream.

Ice cream memang sangat digemari baik dari anak-anak hingga orang tua sekalipun sangat menyukainya. Dengan rasa yang manis dan dingin, memberikan sensasi menyegarkan dimulut serta warna-warni yang bikin penglihatan segar kembali. Bayangkan, ditengah panas teriknya kota Jogja ditemani dengan semangkuk ice cream, beh….. serasa sedang berada didunia dongeng yang menyenangkan. Ingin tahu ice cream di Jogja yang bisa bikin kamu nagih? Yuk simak berbagai rekomendasinya.

Ice Cream Coconut

Mendengar namanya, pasti yang terlintas dalam benakmu adalah es krim rasa kelapa. Tapi siapa yang mengira jika penyajiannya yang menggunakan batok kelapa. Ice Cream Coconut merupakan jajanan terpopuler saat ini di Jogja. Dengan nama kedai Mangkok Kelapa yang berlokasi didekat pintu timur UPN Jogja pastinya kamu akan mudah menemukan tempat ini jika ingin berkunjung dan mencicipi ice cream unik tersebut.

Ada banyak sekali varian rasa yang bisa kamu pilih. Ada rasa coklat, green tea, vanilla, stroberi, nanas, juga tak ketinggalan si biru-biru buble gum. Selain itu, santapan ini terasa lebih nikmat dengan adanya pilihan berbagai topping mulai dari kit kat, pudding, marshmallow, mochi, almond, alpukat, kiwi anggur, dan rambutan. Kamu bisa mengkombinasikannya sesuai keinginanmu yang nantinya akan ditata menyerupai smoothie bowl. Sangat cantik bukan. Soal harga, ice cream ini cukup ramah kok dikantong anak mahasiswa.

Ice Cream di Ciao Gelato

Dari namanya saja sudah unik, bagaimana dengan tampilannya dan rasanya? Yups, kamu perlu coba nih ice cream kekinian yang gak kalah hitsnya dengan ice cream coconut. Ice cream yang berasal dari Italia ini rupanya menggunakan bahan dasar yang langsung didatangkan dari negara tersebut loh. Jadi kamu gak usah jauh-jauh untuk dapat mencicipi ice cream Italia, cukup melipir saja ke Jalan Afandi No.07 di kota Jogja.

Untuk rasa yang ditawarkan cukup bervariasi, ada 40 rasa yang bisa kamu pilih. Ice cream ini cukup aman loh untuk dikonsumsi karena pembuatan ice cream ditempat ini tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga warnanyapun tidak tajam serta tekstur yang mudah encer. Untuk itu, disarankan untuk kalian yang ingin menyicipinya untuk makan ditempat yah. Soal harga cukup lumayan terjangkau dari mulai Rp.15.000 s/d Rp.90.000 .

Three Musketeer

Kalu sebelumnya punya 40 varian rasa, kedai ini memiliki 60 varian rasa yang bisa kalian pilih. Dengan nama kedai Mary Ane Ice Cream Artisan yang berada di kawasan Mrican pastinya bakal bikin kamu penasaran dan ingin mengunjunginya. Seperti namanya Three Musketeer, yang merupakan menu andalan dari kedai ice cream ini memiliki 3 varian rasa didalam satu wafel. Yaitu nutella, skippy, dan cheese. Three Musketeer ini terlihat sangat menarik karena kaya akan rasa dengan perpaduan yang cukup sempurna. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau, yaitu Rp. 10.000,- per scoop. Akan tetapi harga akan dikurangi untuk scoop berikutnya.

Rekomendasi Makanan Ukuran Jumbo Penggugah Selera, Sanggup Ngabisin Sendiri?

Kurang puas dengan makanan porsi standar? Kalian bisa coba nih mencicipi makanan dengan porsi jumbo yang enak dan mantul dilidah. Dengan ukuran yang besar, pastinya kalian akan lebih puas menikmatinya dan bisa-bisa bikin berat badan kalian bertambah guys. Yuk, simak berbagai rekomendasi makanan ukuran jumbo penggugah selera yang bisa bikin kalian ngunyah terus.

T-Rex Burger

T-Rex burger merupakan menu burger yang dapat kamu temukan di Dino Steak & Pasta yang berlokasi di Jakarta Barat tepatnya disebrang mall Central Park. Berat burger yang mencapai 2,75 kg dengan diameter 25 cm, pastinya kamu gak bakal sanggup menghabiskannya seorang diri. Ditambah dengan taburan French fries yang jadi side dish nya membuat burger ini menjadi lebih mantap untuk disantap bukan. Walaupun ukurannya besar, namun tingkat kematangan daging didalam burger ini cukup merata kok. Dari segi hargapun sangat sangat terjangkau dan amat ramah dikantong. Bayangkan, dengan harga kisaran Rp.160.000,- kamu bisa puas menikmati burger ini bersama teman-teman.

Pizza 42”

Kuliner asal Negara Italia ini memang memiliki banyak peminat di Indonesia. Ukuran large pizza pada umumnya adalah sekitar 30 cm atau 12” saja. Tapi apa jadinya jika ada pizza berukuran 42” setara besar LED tv? Sanggup menghabiskannya?

Nah, buat kalian yang sangat menyukai pizza, kalian bisa coba nih pizza yang ada di Henk’s Pizza yang berlokasi di Serpong Utara, Tangerang. Ada berbagai varian topping yang bisa kalian pilih untuk menggoyang lidah anda dengan rasa yang enak dan mantul. Harga yang ditawarkan berkisar Rp. 600.000,- per porsinya. Akan tetapi, kalian bisa kok patungan bersama-teman mengingat ukurannya yang sangat besar, pastinya kalian tidak sanggup menghabiskannya seorang diri.

Long Jhon Bread

Seperti yang kita ketahui bahwa daerah Kelapa Gading merupakan tempat yang cocok untuk kalian menemukan destinasi favorite yang bisa memanjakan lidah. Di tempat ini, kalian akan menemukan makanan ukuran besar selanjutnya yang dapat menggugah selera dengan nama Long Jhon Bread di OTW Food Street. Long Jhon Bread merupakan roti panjang berisi daging sapi, sayuran, isian daging kebab, telur dadar serta saos pedas dengan ukuran yang besar. Dengan harga kisaran Rp.50.000,- saja, kalian dapat menikmati sensasi kenikmatan roti lembut berisi daging dengan tingkat kepedasan yang bisa kalian sesuaikan.

Bakso Klenger

Yang lagi viral nih guys, Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta yang memiliki ukuran super jumbo dari bakso-bakso umumnya. Bakso yang mencapai berat hingga 50 kg ini, berisikan telur ayam sebanyak 120 butir, tetelan daging, ongseng mercon, dan potongan cabe rawit pastinya bakso ini sangat maknyus dan bikin kelenger seperti namanya. Dengan ukuran serta isian yang super duper besar, harga yang dibandrol bakso ini adalah sekitar Rp.8.000.000,- . Waw…. Harga yang sangat fantastis bukan untuk dapat menikmati bakso jumbo ini. Untuk dapat menikmatinya, kalian bisa patungan dan makan bersama-sama karena porsi ini cukup kok untuk disantap lebih dari 30 orang.

makanan khas bangka belitung

Makanan Khas Bangka Belitung; Banyak Hidangan Seafood yang Unik dan Lezat!

Bangka Belitung ternyata mempunyai banyak macam kuliner makanan khas Bangka Belitung yang masih eksis sampai sekarang loh. Makanan khas Bangka Belitung kebanyakan terbuat dari ikan atau seafood. Tidak heran, karena memang provinsi Kepulauan Bangka Belitung dekat dengan Lautan.

Selain laut, terkadang masakan khas Bangka Belitung juga memanfaatkan hasil perkebunannya. Apabila kalian berpergian ke Bangka, ada beberapa kuliner belitung yang wajib kalian coba. Penasaran? Yuk cek ulasannya dibawah ini.

Rekomendasi 10 Makanan Khas Bangka Belitung

Di Bangka Belitung, pertemuan budaya setempat dengan budaya Tionghua sangat mempengaruhi cita rasa makanan khas Bangka Belitung. Meski begitu, rasa khas dari Bangka Belitung masih tetap muncul.

Lempah

Lempah merupakan hidangan berkuah yang berbahan dasar seafood atau daging sapi. Masakan ini dibumbui rempah-rempah beraroma kuat. Dalam bahasa Belitung, lempah juga disebut dnegan gangan.

Ada beberapa jenis lempah yang terdapat di kuliner Belitung. Seperti, Lempah kuning atau lempah nanas yang memiliki kuah berwarna kuning dengan potongan nanas. Lempah satu ini menggunakan ikan kakap merah atau tenggiri sebagai bahan dasarnya. Ada juga yang menggantinya dengan daging sapi.

Selain itu, ada lempah daret yang berbahan dasar umbi dan sayuran dengan kuah rempah. Lalu ada lempah kulat yang terbuat dari kulat / jamur khas Bangka yang biasanya dimasak dengan santan.

Rusip

Rusip merupakan makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan teri fermentasi dengan garam, kemudian ditambahkan gula jawa sebagai perasa. Rusip juga sering dipilih sebagai oleh-oleh khas Belitung.

Mie Belitung

Mie Belitung adalah salah satu wisata kuliner bangka yang menggunakan mie kuning biasa dan disajikan bersama dengan kuah kaldu yang dibuat dari olahan udang, kentang rebus, timun, dan taburan emping.

Selain udang, kuahnya juga dicampur dengan bumbu rempah pada umumnya seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan jahe.

Mie ini dihidangkan dalam mangkok dan paling enak dimakan saat kuahnya masih panas.

Mie Koba

Bangka Belitung punya sajian mie yang khas dan lezat. Tepatnya di Bangka Tengah. Terdapat sajian unik yang dikenal dengan nama Mie Koba. Mie ini merupakan mie yang disajikan dnegan kuah dari kaldu daging ikan tenggiri yang sangat khas.

Dalam satu porsi mie Koba, terdapat telur ayam, seledri, dan bawnag goreng yang semakin menambah cita rasa. Mie ini terkenal dengan cita rasanya yang gurih berasal dari ikan tenggiri. Tambahan perasan jeruk membuat cita rasa mie ini semakin mantap.

Mie ayam Bangka

Masih berhubungan dengan Mie, mie ayam bangka ini mempunyai tekstur yang kenyal dan cita rasa yang gurih. Ada pula sayuran dan daging yang menambah cita rasa mie ini.

Keunikkannya terdapat pada kuahnya. Penyajian mie ayam ini terpisah dengan kuahnya dan identik dengan rasa merica.

Kuahnya terbuat dari kaldu ayam yang dimasak lama. Biasanya, mie ayam Bangka disajikan dengan bakso agar lebih mengenyangkan.

Martabak Bangka

Martabak Bangka memang sangat terkenal di Bangka. Makanan khas mereka ini kerap dijumpai di kota-kota di Indonesia. Awalnya, martabak disebut dengan nama Hok Lo Pan.

Martabak Bangka mempunyai cita rasa yang manis sehingga tak jarang dipanggil dengan martabak manis. Makanan khas Bangka Belitung ini terbuat dari tepung terigu dan mentega untuk kemudian dibuat adonan bulat membentang.

Pada bagian atas biasanya diberikan topping seperti coklat meises, kacang tanah, keju, susu kental manis, dan wijen.

Berego

Berego adalah makanan khas provinsi Bangka Belitung yang mirip dengan lontong opor. Bedanya, Berego terbuat dari campuran beras dan sagu namun bentuk dan warnanya sama persis dengan lontong yang biasa kita santap.

Cara penyajiannya juga hampir mirip dengan lontong. Berego disajikan dengan kuah yang dibuat dari kari ikan. Biasanya, Berego disantap bersama makanan lain seperti gangan, lakso, dan lain-lain.

Sup Gangan

Sup gangan menggunakan ikan tenggiri besar sebagai bahan utamanya. Biasanya, sup ini dimasak dengan berbagai rempah dan bumbu. Cita rasanya menjadi sangat unik. Bahkan, bau amis dari ikan tenggiri pun tidak akan terasa.

Getas Bangka

Getas Bangka memiliki bentuk bulat dan panjang serta mempunyai rasa yang gurih dan sangat cocok untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Selain itu, getas juga bisa dibuat sebagai pendamping lauk dan nasi atau makanan berkuah.

Lakso

Lakso adalah masakan Bangka Belitung yang dibuat dari tepung beras atau tepung sagu. Rasa sajiannya gurih dan nikmat karena disajikan dengan kuah santan kental yang menciptakan cita rasa ikan.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Bangka Belitung yang harus kalian coba saat berkunjung ke pulau Banga Belitung. Dijamin, bakal bikin kamu pengen dateng lagi!

makanan khas palembang

21 Makanan Khas Palembang Yang Unik dan Menarik

Kota terbesar di Sumatera setelah Medan ini memiliki banyak hal istimewa yang bisa ditemukan. Makanan khas Palembang contohnya. Akulturasi dari beragam budaya di kota yang dijuluki Venice of the East ini telah menghasilkan produk kuliner yang bermacam-macam.

Meski terkenal dengan pempeknya, namun ada banyak makanan khas Palembang lainnya yang bisa kalian coba saat berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan ini.

Daftar Makanan Khas Palembang Yang Unik Serta Enak

Jika kalian tertarik dengan kekayaan rasa kota ini, tidak ada salahnya untuk menyediakan waktu khusus saat berwisata kuliner. Beberapa hidangan dibawah ini wajib masuk dalam list liburan kalian di Palembang.

1.Pempek

Makanan khas Palembang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Hampir semua orang pasti pernah mencoba sajian olahan daging ikan dan sagu ini. Biasanya olehannya juga dimodifikasi dengan tambahan tahu, udang, telur, dan lainnya.

Pempek disajikan dengan saus khsuus yang terbuat dari campuran gula merah, cabe, bawang putih, garam, dan udang ebi.

2.Tekwan

Tekwan Palembang atau yang lebih sering disebut dengan bakso merupakan hidangan bakso ikan, mie putih, dan kuah bening dengan rasa yang khas karena terbuat dari sari kelapa udang serta daun bawang.

3.Laksan

Tahu pempek lenjer? Di Palembang, kuliner tersebut tidak dinamai demikian, tapi dinamai laksan. Makanan ini berupa sajian dalam kuah bersantan yang membuatnya mirip dengan lontong sayur.

4.Burgo

Burgo Palembang terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu. Dimasak seperti dadar tipis kemudian digulung dan diiris kasar. Burgo mirip dengan kwetiaw dan disajikan bersamaan dengan kuah gurih.

Kuahnya sendiri terbuat dari santan dan aneka bumbu seperti ketumbar, kencur, kunyit, lengkuas, bawang putih, dan kemiri.

Ada juga daging ikan suwir, bawang goreng, dan potongan telur ayam rebus yang ikut melengkapi sajian makanan khas sumatera ini.

5.Celimpungan

Turunan lain dari pempek ini termasuk sulit ditemukan karena biasanya hanya muncul saat lebaran.

Dengan bahan dasar ikan dan sagu, celimpungan menjadi makanan yang hampir mirip dengan laksan, namun berbentuk bulat putih dan sedikit lebih besar dari tekwan.

6.Lakso

Berbentuk seperti udon, kuah lakso memiliki tekstur yang lebih kental dan gurih. Apalagi dengan tambahan bawang goreng, pasti menambah kenikmatan saat menyantapnya.

7.Martabak HAR

Salah satu kuliner Palembang adalah martabaknya. Komposisinya kurang lebih sama dengan martabak dari daerah lain di Indonesia. Namun yang membedakannya adalah cara menyantapnya. Martabak khas Palembang ini disantap dengan kuah kental kaya rempah dengan beberapa potongan kentang.

8.Mie Celor

Salah satu menu sarapan yang paling diminati adalah Mie Celor. Mie celup ini disajikan dengan kuah kaldu santan kental dengan tambahan tauge dan telur rebus.

Rasa kuah yang gurih serta kaldu rebusan kelapa udang besar menjadikan sajian ini menarik untuk disantap.

9.Pindang Ikan

Selain pempek, salah satu makanan yang harus kalian jajal adalah Pindang Ikan Patin. Masakan kuah santan dan rasa asam, manis, pedas, dan gurih terasa sangat nikmat karena ikannya yang lembut dan segar ini.

10.Bakmi Alun

Bakmi Alun yang berada di Pasar Sayangan ini menjadi makanan khas Sumatera Selatan. Jika mie ayam pada umumnya bertaburkan daging ayam, mie yang satu ini lebih memilih untuk melengkapinya dengan olahan daging babi.

11.Pindang Tulang

Jika Pindang Patin berbahan dasar ikan patin, maka pindang tulang berbahan dasar iga sapi. Hidangan ini memiliki kuah yang cukup membakar lidah.

12.Sate Sapi Cucuk Manis

Sate merupakan sajian yang cukup terkenal dan ada dimana-mana. Namun, sate satu ini ada keistimewaannya tersendiri loh. Seperti namanya, sate ini memiliki rasa yang manis. Tambahan kecapnya lah yang membuat rasanya lebih manis ketimbang sate pada umumnya.

13.Kemplang

Kerupuk khas Palembang ini paling asyik jika disantap dengan secangkir kopi di sore hari. Mendapatkan camilan ini juga mudah karena dijual di sejumlah lokasi penjualan oleh-oleh khas Palembang.

14.Gulo Puan

Terbuat dari susu kerbau dan gula, makanan khas Palembang ini dulunya hanya dinikmati oleh kaum ningrat dan yang sudah berstatus haji saja.

15.Godo-godo

Adonan dai godo-godo mirip dengan pempek. Hanya saja, daging yang digunakan merupakan daging udang dan juga disejikan bersamaan dengan kuah cuka pempek.

16.Roti Koing

Makanan yang wajib dihidangkan di bula puasa ini ternyata merupakan makanan khas Palembang loh. Berbentuk bulat dan sedikit keras, roti ini tidak memiliki rasa.

Biasanya orang memakanya dengan cara disemplungkan ke kopi atau teh hangat.

17.Sambal Tempoyak

Terbuat dari durian yang di fermentasi, sambal ini memiliki rasa asam, pedas, dan manis dengan sedikit rasa durian. Sambal ini paling pas jika dimakan bersamaan dengan sup pindang, atau nasi panas dengan lauk ikan atau ayam goreng.

18.Kue Maksubah

Maksubah merupakan kue lapis khas Palembang yang disajika pada acara-acara khusus saja. Maksubah dianggap sebagai hidangan penghormatan kepada tamu.

Meski hanya berbahan dasar telur bebek, mentega, dan gula kue ini termasuk sulit untuk dibuat karena membutuhkan ketelatenan dalam pembuatannya,

19.Kue Lumpang

Kue Lumpang merupakan jajanan khas Palembang yang terbuat dari tepung beras. Dinamakan kue lumpang karena bentuknya menyerupai lumpang atau wadah untuk menumbuk.

Kue lumpang sangat mudah dibuat dan bahannya mudah didapat. Cukup dengan tepung beras, tepung tapioka, santan, daun pandan, daun suji, garam, serta gula, kalian sudah bisa membuat hidangan ini.

Kue ini bisanya disajikan bersamaan dengan parutan kelapa. Menurut saya, kue ini enak banget dimakan dalam keadaan dingin. Coba deh!

20.Kue Delapan Jam

Dinamai kue Delapan Jam karena pembuatan dari kue ini membutuhkan waktu sekitar 8 jam loh. Konon, kue ini hanya dinikmati oleh kelas bangsawan saja.

Bahan yang diperlukan untuk membuatnya juga sedikit. Hanya membutuhkan susu kental manis, mentega, telur ayam, tepung terigu protein sedang, vanili bubuk, serta gula pasir halus.

21.Es kacang merah

Setelah menjelajahi kuliner Palembang, enaknya diakhiri dengan yang segar-segar nih. Kebetulan Palembang mempunyai jajanan khas yaitu es kacang merah. Bukan hanya menyegarkan, tapi juga memuaskan dahaga dan memanjakan lidah dengan rasa manisnya.

Itulah makanan khas Palembang yang wajib kalian coba saat berkunjung nanti. Jangan lupa berdoa dan cuci tangan sebelum makan ya!

10 Makanan Khas Medan yang Mempunyai Cita Rasa Luar Biasa!

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan saat berwisata ke kota Medan. Selain mempelajari keragaman budaya dan sejarahnya, menikmai kekayaan kuliner juga tidak boleh kita lewatkan. Jejak makanan khas Medan yang tak kalah enak bisa membuat semua orang ingin kembali lagi ke kota ini.

Jika kalian termasuk salah satu wisatawan pecinta kuliner, kamu bisa mengajak diri berkeliling mengitari kota Medan sambil mendatangi tempat-tempat seperti warung makan atau pasar tradisionalnya.

Lalu, apa saja sih yang ada di ibukota provinsi Sumatera Utara ini? Yuk kita intip.

Rekomendasi 10 Kuliner Makanan khas Medan

Kota Medan atau Kota Deli mempunyai makanan dan oleh-oleh dengan rasa yang enak dan lezat loh! Jadi pastikan kalau kalian berkunjung kesini, jangan sampai ketinggalan buat nyicipin ya!

1.Rujak Kolam

Rujak Kolam merupakan makanan khas Medan baru-baru ini. Rujak Kolam termasuk kedalam street food yang terkenal dan harus kalian coba jika berkunjung ke Kota Medan.

Rujak kolam sama seperti rujak pada umumnya. Yaitu memiliki cita rasa yang pedas dan segar karena buahnya yang masih baru dan segar.

Diberi nama rujak kolam karena orang-orang yang menjual kuliner Medan ini terdapat di dekat Kolam Deli. Dulu, kolam ini merupakan objek wisata yang sangat terkenal.

Buah-buahan yang dipakai juga beragam, ada jeruk Bali, ubi, belimbing, nanas, pepaya mengkal, jambu air, jambu biji, bengkuang, mentimun, mangga muda, dan kedondong.

2.Lemang

Lemang memang lebih banyak ditemui di kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Meskipun keberadaannya lebih dominan di Tebing Tinggi, namun lemang juga bisa kamu dapati di kota Medan.

Lemang merupakan makanan khas Medan yang digulung dengan selembar daun pisang alu dimasak dengan dimasukkan kedalam seruas bambu. Lemang kemudian dibakar hingga matang di atas tungku panjang. Lemang biasanya dimakan dalam keadaan hangat.

Biasanya lemang juga dihidangkan bersama campuran selai, durian, dan tape ketan. Sebagian orang juga ada yang memakan lemang bersama rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya.

3.Kue Putu Bambu

Makanan khas Sumatera Utara ini sudah sangat familiar di Indonesia. Tetapi, kota Medan ternyata memiliki kue putu khasnya sendiri loh. Kue putu khas Medan ini memiliki ukuran yang lebih besar dari kue putu pada umumnya.

Cara memasaknya sama seperti kue putu lainnya. Yaitu dengan cara menggunakan seruas bambu yang diletakkan di atas uap dan mengeluarkan bunyi yang khas “tuuut… tuuut…” pertanda bahwa kue sudah bisa diangkat karena sudah matang.

Biasanya, kue putu dijual bersamaan dengan sobat karibnya, yaitu klepon. Keduanya sama-sama memiliki isian gula merah cair.

Penyajajiannya juga sama. Yaitu dengan menghadirkan taburan kelapa parut atau gula pasir. Di Medan sendiri lebih sering menggunakan taburan Gula Merah daripada kelapa parut.  

4.Kolak Durian

Makanan enak di Medan ini merupakan makanan penutup yang bisa kalian nikmati saat cuaca panas. Makanan khas Medan ini memiliki tekstur yang asik dan cita rasa yang tidak bisa dibandingkan dengan kuliner kolak lainnya.

Medan dengan penghasil buah Duriannya yang legit, manis, dan wanginya yang khas membuat kolak ini semakin terasa mantap.

Kolak ini biasanya disajikan bersama dengan ketan putih yang sudah dikukus, pisang kepok, dan jagung manis rebus. Kuah kolaknya sendiri biasanya terbuat dari campuran santan kelapa dan gula aren atau gula merah.

5.Sate Kerang

Makanan khas Medan yang lainnya adalah sate kerang. Dulu, sate kerang banyak dijual oleh pedagang-pedagang keliling.

Tetapi, sekarang sudah banyak kedai kedai makan sederhana yang menjajakan makanan khas Medan ini. Makanan ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan sebagai oleh-oleh Medan.

6.Bika Ambon

Satu lagi oleh-oleh khas Medan yang bisa kalian bawa pulang, Bika Ambon. Bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaannya terdapat lubang-lubang kecil. Kalian bisa merasakan nikmatnya Bika Ambon saat masih hangat.

7.Teh Susu Telur

Campuran dari susu kental manis, teh, dan telur ini memberikan kesan hangat bagi yang meminumnya.

Pertama-tama susu kental manis dituang kedalam gelas, ditambah gula secukupnya, lalu kemudian diberikan kuning telur. Semua bahan tersebut kemudian di blender sampai menghasilkan busa putih,

Kemudian, teh panas dituang ke dalam gelas yang berisi campuran susu dan telur tadi. Cukup mudah ya guys!

8.Bakso Lembu

Sesuai dengan namanya, bakso Lembu ini merupakan olahan daging Lembu yang dicampur dengan tepung dan rempah-rempah yang lezat. Rasanya pun tidak kalah dengan bakso-bakso bisanya loh guys!

9.Teri Medan

Ikan teri yang paling terkenal adalah teri Medan. Dan yup, makanan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung loh. Teri ini berukuran kecul dan berwarna putih. Cocok banget buat dimakan bareng nasi panas atau dibuat sambel teri.

10.Bihun Bebek

Bihun merupakan sajian yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Di Medan, kalian bisa menemukan sajian bihun yang didampingi dengan daging bebek.

Bihun bebek Medan menawarkan 2 pilihan kuah, yaitu kuah kaldu dan kuah herbal. Kuah bihun berupa kaldu bebek yang tidak mengandung banyak minyak dan lemak. Rasa dari kuah kaldunya sendiri jernih, ringan, dan bahkan menimbulkan aroma yang menggugah selera.

Penyajian bihun bersama irisan daging bebek biasanya dilengkapi dengan penambahan taburan kucai tanpa aroma amis. Kemudian ada juga yang selalu hadir ke dalam satu mangkok bihun bebek, yakni sambal yang rasanya pedas bercampur asam.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bisa kalian icip jika mampir ke kota Medan. Dari berbagai makanan khas Medan diatas, mana yang paling membuatmu ngiler?

Rekomendasi Kuliner Surabaya Untuk Kalian Pecinta Pedas

Kota terbesar kedua di Indonesia yang terkenal dengan pusat perbelanjaannya ini ternyata juga memiliki wisata Kuliner Surabaya yang unik dan sayang untuk dilewatkan.

Sampai tengah malam pun, kota ini masih menyajikan berbagai kuliner yang bisa kita santap. Penasaran ada apa saja? Yuk simak artikel berikut ini.

Daftar 6 Kuliner Surabaya Untuk Para Pemuja Sambal

Ibukota provinsi Jawa Timur yang sering disebut sebagai Kota Pahlawan ini juga boleh dibilang sebagai gudang wisata kuliner. Jika kalian berkunjung ke kota ini, pastikan kalian mencicipi makanan berikut ya!

Warung Bu Kris

Segala penyetan yang ada di Surabaya memang terkenal sampai satu Indonesia mengetahuinya. Mulai dari ayam, gurame, iga, udang, tahu, tempe, dan lain-lain semua ada di warung bu kris ini.

Dulu, warung ini hanya berada di Jalan Manyar Kertoajo IV/23 Surabaya. Namun sekarang, sudah ada lebih dari 10 cabang yang tersebar di berbagai kawasan. Harganya pun gak main-main! Yaitu hanya mulai dari Rp 6.000,- saja!

Kalian juga bisa melengkapi hidangan kalian dengan variasi sambal yang menyertai seperti sambal pencit teri medan dan teman-temannya.

Rawon Setan Mbak Endang

Wisata kuliner Surabaya selanjutnya terletak di kota Malang. Rawon Setan Mbak Endang ini merupakan depot rawon setan petama yang asli di Indonesia. Rawon ini merupakan kuliner malam Surabaya.

Dinamakan rawon setan karena ada tingkat kepedasan yang ditawarkan dan juga dulu warung ini hanya buka pada malam hari yakni pada pukul 22.00 WIB. Unik kan?

Daging rawon disini cukup besar namun tetap empuk. Rasa kuahnya juga nendang abis. Kalian juga bisa menambah lauk seperti telur asin, perkedel, kentang, tempe, atau empal.

Rumah makan rawon setan ini tidak pernah sepi pengunjung karena terletak di tengah kota. Harga untuk seporsi makanan lezat ini mulai dari Rp 25.000- saja loh.

Nasi Goreng Jancuk

Nasi goreng memang umumnya ada dimana-mana. Namun, kuliner khas Surabaya satu ini beda dari yang lain loh. Kata jancuk diambil dari umpatan yang spontan dikeluarkan.

Koki yang membuat menu ini untuk teman-temannya sengaja menambahkan cabai rawit dengan jumlah yang banyak dan ketika sendok pertama nasi goreng ini masuk ke mulut teman-teman si koki, spontan mereka mengumpat “Jancuk! Pedes, cuk!”

Nasi goreng ini dimasak bersama dengan udang, kepiting, telur, dan sambal terasi lalu disajikan dengan acar dan kerupuk udang.

Porsi dari sajian ini juga cukup untuk 4 – 5 orang. Dengan harga sekitar Rp 150.000,- per porsi, kalian bisa menikmati hidangan ini di Royal Plaza.

Depot Bu Rudy

Kalau kalian termasuk pecinta nasi dengan sambal, kalian wajib banget dateng kesini. Karena, depot bu Rudy ini menyajikan menu andalan nasi pulen hangat dengan udang goreng tepung yang renyah serta empal empuk dengan bumbu yang meresap tidak lupa juga sambal bawang bu Rudy yang mendunia.

Nasi udang empal ini dihargai Rp 20.000,- an saja loh. Selain makanan, depot ini juga dilengkapi dengan oleh-oleh khas Surabaya seperti sambal bawang, sambal terasi, atau sambal ikan peda dalam kemasan.

Lokasi kuliner ini berada di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya.

Nasi Cumi Waspada

Salah satu makanan khas Surabaya yang murah dan enak adalah Nasi Cumi ini. Lokasinya berada di belakang Pasar Atom, tepatnya di Jalan Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Warung ini buka selama 24 jam.

Ada empat variasi nasi cumi yang ditawarkan

  • nasi biasa (nasi+cumi+peyek udang)
  • nasi campur (nasi+cumi+empal+telur+peyek udang)
  • nasi komplet (nasi+cumi+mi goreng+usu+paru+babat+peyek udang)
  • nasi rawon cumi.

Panasnya nasi dipadu dengan cumi tinta dan beberapa menu lainnya akan membuat kalian terngiang. Jika Anda bukan pencinta cumi, ada juga beberapa menu lainnya seperti nasi ayam, nasi paru, nasi tongkol, dan lain-lain.

Untuk menu cumi sendiri, harga yang dipatok mulai dari Rp13.000,00 sampai Rp20.000,00.

Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Satu lagi kuliner Surabaya yang pedas, Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye. Kuliner ini buka pada malam hari. Jadi, kalau lapar tengah malam saat berlibur gak perlu takut ya! Kalian bisa menemukan kuliner ini di Jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya.

Buka mulai pukul 22.00 – 04.00 WIB, kalian tetap harus rela mengantre untuk mendapatkan sajian ini. Menunya yang sederhana namun juara selalu menjadi pemikat. Nasi hangat dengan lauk iwak pe atau ikan pari yang dibalur sambal merah menyala bisa-bisa membuat kalian gamau pulang.

Ada juga beragam lauk sederhana lainnya. Dengan harga mulai dari Rp 10.000,- kalian akan diberikan porsi melimpah. Tak heran warung ini selalu ramai pengunjung.

 

Makan tidak pakai sambal memang kurang mantap ya. Tapi jangan takut, kalau liburan ke Surabaya kalian pasti bisa mendapatkan makanan kesukaan kalian para pemuja sambal.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner Surabaya untuk kalian yang menyukai hidangan pedas. Jangan lupa untuk bawa pulang oleh-oleh ya!

makanan khas Jogja

8 Kuliner Jogja Yang Wajib di Santap Dengan Harga Murah

Jojga selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk pengunjungnya. Kota ini tetap mempertahankan budaya Jawa yang khas akan kuliner murahnya. kuliner Jogja yang wajib di santap dengan harga murah ini akan selalu diburu oleh pengunjung. Jogja semakin berkembang dengan mempercantik kotanya, agar yang datang akan selalu merasa betah berada dikota tersebut.

Salah satu keistimewaan Jogja adalah Kulinernya yang khas dan enak, disini harga kulinernya terbilang cukup murah.

Agar Kamu Tidak Bingung Mau Makan Apa Saat di Jogja, Berikut Kami Berikan Menu 8 Kuliner Jogja Yang Wajib di Santap di Jogja Dengan Harga Murah

 

1. Gudeg

gudeg makanan jogja

 

Harga Rp. 35.000 – Rp. 50.000

Gudeg salah satu makanan Jogja yang khas dan murah ini banyak di buru oleh pecinta kuliner. Gak lengkap rasanya kalau kamu dateng ke jogja tapi tidak mencicipi makanan yang satu ini. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak oleh santan selama berjam – jam. Umumnya gudek berwarna kecoklatan karena dimasak dengan daun jati.

 

2. Angkringan Kopi Joss Lik Man

angkringan Jogja

Harga Rp. 2.000 – Rp. 10.000

Angkringan ini cukup terkenal ditelinga masyarakat sekitar. Angkringan ini menyajikan nasi kucing, yakni nasi yang porsi sedikit ditambah tempe orek dan sambal teri, dengan makanan pelengkap lainnya seperti aneka sate dan gorengan.

Satu lagi yang popular diangkringan ini adalah Kopi Joss. Kopi hitam ini dicampurkan arang panas yang saat dimasukan ke kopi tersebut akan berbunyi Joss, jadi itu kenapa kopi ini dinamakan Kopi Joss.

 

3. Sate Klatak

Harga Rp. 25.000

Sate Klatak merupakan salah satu makanan khas Jogja yang ramai juga diminati para wisatawan yang datang ke Jogja. Sate klatak ini sama seperti samte kambing lainnya, hanya saja yang membedakan tusukkannya, jika disate kambing umumnya memakai bambu, sate klatak ini menggunakan besi atau velg sepeda.

 

4. Kalimilk Yogyakarta

kalimilk  jogja

Harga Rp. 5.000 – Rp. 15.000

Untuk kamu yang suka dengan minuman susu, jangan lupa mengunjungi kuliner Jogja yang menyajikan susu. Kalimilk juga memiliki sebutan unik lainnya yaitu Neneners. Nah disini Neneners bisa menikmati susu dengan banyak rasa yaitu, cookies, durian, coklat dan banyak lagi aneka snack.

5. Manggar Manding

manggar manding jogja

Harga Rp. 20.000

Jika biasanya gudeg dibuat dari daging nangka muda, hal ini beda yang anda temukan di Manggar Manding, gudeg ini dibuat dari dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Gudeg manggar ini dulunya menjadi makanan istimewa dikerajaan. Biasanua gudeg ini disajikan dengan isi sayur krecek dan tempe bacem.

6. Saoto Bahtok Mbah Karto

saoto bahtok jogja

Harga Rp. 15.000

Memang tidak salah namanya saoto. Saoto ini sama seperti soto pada umunyan, dengan kuah bening, sayuran, dan potongan daging, namun saoto ini agak sedikit berdeda, karena menggunakan batok kelapa sebagai wadahnya / mangkuk.

7. Sate Kere

sate kere jogja

Harga Rp. 8.000

Mengapa sate ini di namakan sate kere? Karena harganya yang murah dan bisa di beli oleh semua kalangan. Sate ini berbeda dari sate pada umumnya, sate biasa disajikan dengan bumbu kacang, namun sate ini disajikan dengan lontong dan kuah sayur tempe.

 

8. Mie Ayam Bu Tini

mie ayam bu tini Jogja

Harga Rp. 10.000

Penggemar mie ayam, kalian wajib banget cobain mie ayam ini. Pasalnya mie ayam ini menjadi tempat makan yang legendaris karena sudah lama berdiri sejak tahun 70’an dan mienya di buat sendiri. Mie ayam ini ada berbagai menu, yaitu mie ayam ceker, mie ayam jumbo, dan mie ayam dengan tambahan potongan daging.

Itulah rekomendasi kuliner Jogja yang murah dan enak. Semoga bisa menjadi menu pilihan anda saat berkunjung ke Jogja bersama keluarga ataupun teman.

papua

5 Wisata Kuliner Khas Papua Yang Sangat Lezat

Papua memiliki berbagai macam keindahan alam yang eksotis. Selain itu, kota ini juga menyajikan ragamnya wisata kuliner khas papua yang siap memberikan cita rasa lezat untuk lidahmu.

Jika kamu saat ini akan pergi ke Papua, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas papua berikut ini. Pada artikel kali ini saya akan membagikan tempat wisata kuliner yang populer di Papua. Penasaran seperti apa? Yuk simak baik-baik.

1.Ikan Bakar Manokwari

Manokwari merupakan salah satu daerah di Papua yang menyediakan makanan khas papua yang memiliki cita rasa lezat yaitu Ikan Bakar khas Manokwari.

Ikan bakar ini menggunakan sambal khas dari Papua sehingga hidangan ini hanya bisa kamu temukan di Papua saja. Ciri khas makanan ini adalah bumbu yang disiram pada ikan bakar tersebut berupa sambal yang digiling kasar disajikan mentah dan memiliki cita rasa yang unik.

2.Sate Ulat Sagu

 Kita semua tahu jika Papua terkenal akan keanekaragamannya. Wisata kuliner papua terbaik berikutnya adalah Sate Ulat Sagu. Kamu bisa mencicipi hidangan ini jika sedang berada di Jayapura.

Kamu bisa menemukan sate ulat sagu jika berkunjung ke pasar Youtea Abepura Jayapura. Akan ada banyak warga yang membawa tangkapan ulat sagu mereka untuk diperjual belikan disini.

3.Martabak Sagu

Kamu suka makan martabak? Provinsi Papua juga punya makanan martabak khas mereka loh. Martabak Sagu menjadi salah satu favorit cemilan warga papua karena memiliki rasa yang lezat dan unik.

Kamu tidak akan menemui martabak telor atau martabak manis di kota Papua, kamu hanya bisa membeli Martabak sagu disini.

4.Aunu Senebre

Aunu Senebre menjadi salah satu wisata kuliner terbaik di Papua yang cukup digemari oleh banyak orang. Makanan ini mudah ditemukan di Papua dan memiliki tampilan yang begitu tradisional.

Makanan ini merupakan olahan dari ikan teri nasi yang dicampur dengan daun talas dan kelapa lalu selanjutnya akan dikukus.

5.Udang Selingkuh

Nah, pasti kamu akan berpikir kalo ini udang nakal karena dia diberi nama udang selingkuh. Makanan ini sangat populer di Kota Wamena dan diberi nama yang  cukup unik yaitu Udang Selingkuh.

Mengapa dinamakan Udang Selingkuh? Nama unik ini dikaitkan dengan keberadaan capit yang besar yang terdapat pada udang ini. Tekstur udang ini mirip dengan udang lainnya, yang beda hanyalah capit mereka mirip kepiting.

kota bandung

Rekomendasi Tempat Wisata Makan Bandung Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bandung merupakan salah satu kota yang berada di daerah cekungan yang dikelilingi oleh pegunungan dan berada pada ketinggian 700-900 meter diatas permukaan laut.

Kota ini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Indonesia yang bisa kamu kunjungi ketika liburan bersama keluarga atau pasanganmu. Kota Bandung menawarkan banyak sekali tempat wisata unik dan aneka ragam wisata kuliner yang lezat.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah informasi mengenai Tempat wisata makanan yang enak di Bandung. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1.Sapulidi Lembang

Sapulidi lembang merupakan salah satu tempat makan di bandung yang wajib kamu kunjungi ketika berada disini. Hampir setiap hari Sapulidi Lembang selalu kebanjiran konsumen, mulai dari pengunjung luar kota hingga dalam kota.

Ditempat ini anda bisa menikmati aneka hidangan masakan khas Bandung yang lezat disaung bambu atau bale. Untuk memesan sebuah makanan, anda harus memukul kentong yang tersedia di saung bumbu sebanyak dua kali saja, pelayan akan datang untuk membawakan menu yang bisa anda pesan.

2.Cie Rasa Loom Buah Batu

Cie Rasa Loom Buah Batu menjadi salah satu tempat wisata kuliner lezat di Bandung yang bisa kamu coba berikutnya. Tempat ini menawarkan kuliner andalan mie aceh yang memiliki cita rasa tiada duanya di Bandung.

Selain itu, masih ada banyak menu lezat yang akan menggugah selera kalian seperti roti canai susu, mie rebus spesial dan masih banyak lagi. Harga menu yang ditawarkan Cie Rasa Loom juga sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantongmu.

3.Kampung Daun

Anda berada di Bandung dengan pasangan anda? Ingin melakukan Dinner romantis? Nah, anda bisa mencoba Restoran Kampung Daun, saat malam hari tiba. Tempat ini akan diterangi oleh obor dan lampu yang indah untuk menerangi jalan setapak.

Suasana restoran ini sangat tradisional, asri, hening dan nyaman sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat dinner romantis kalian berdua.

Menu yang tersedia di Kampung Daun juga sangat beragam. Ada makanan khas Indonesia, luar negeri dan yang lainnya. Harga makanan di restoran ini juga sangat terjangkau loh.

4.Iga Bakar Si Jangkung Bandung

Lokasi makan enak di Bandung berikutnya adalah warung Iga Bakar Si Jangkung. Warung ini menawarkan menu makanan Iga Bakar yang sangat lezat dan memiliki cita rasa yang unik.

Anda bisa mencoba berkunjung ke warung ini untuk mencicipi Iga Bakar tanpa tulang dari Warung Si Jangkung. Iga Bakar ini disajikan juga dengan nasi hangat dan ditaburi dengan 3 pilihan bumbu seperti bawang merah, cabe rawit atau tomat untuk menambah kelezatan Iga Bakar.

5.Atmosphere Resort Cafe

Atmosphere Resort Cafe menjadi salah satu tempat unik wisata kuliner yang berada di Kota Bandung. Kafe ini menawarkan pemandangan malam hari yang indah dan juga menu yang akan menggugah selera anda.

Kafe ini menawarkan menu eropa yang bisa anda nikmati dengan gaya lesehan, lalu jika anda tidak ingin duduk lesehan. Anda masih bisa menggunakan meja dan kursi seperti biasa.

Selain itu, kafe ini memiliki gazebo ala Bali yang bisa kamu gunakan untuk makan bersama dengan keluargamu. Disekitar gazebo ini terdapat banyak kolam ikan yang akan membuatmu mendapatkan sensasi makan yang berbeda.

5 Wisata Kuliner Enak di Kota Tua Yang Wajib Kamu Coba

Kalian sedang berencana untuk liburan ke kota tua, Jakarta? Nah, Kota tua sendiri memiliki banyak gedung tua peninggalan Belanda yang penuh dengan cerita sejarah dan kenangan masa lampau.

Selain itu, di Kota Tua juga terdapat museum yang bisa kamu kunjungi ketika datang kesini. Oh iya, di Kota tua juga terdapat beberapa tempat wisata kuliner enak yang wajib kamu coba loh. Penasaran seperti apa wisata kuliner di Kota Tua? Yuk simak artikel ini.

1.Kerak Telor

Jika anda datang ke Kota Tua, Kamu bisa mencicipi kerak telor lezat di Pelataran tempat atraksi kota tua loh. Harganya juga cukup terjangkau yakni berkisar di antara 25rb an saja, tergantung kamu memilih telur ayam atau bebek.

Makanan kerak telor sendiri sudah cukup populer sejak tahun 1940 an karena memiliki rasa yang lezat dan gurih.

2.Es Selendang Mayang

Selain kerak telor, kamu juga bisa mencoba Es Selendang mayang yang berada di dekat museum fatahillah.

Minuman khas betawi ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu dan sangat disukai oleh pengunjung kota tua. Es ini memiliki warna yang unik dan menarik serta rasanya yang segar.

3.Gado-gado Direksi

Ketika kamu berkunjung ke kota tua, kamu wajib mencoba makanan Gado-gado Direksi. Tempat ini berlokasi di Jalan Pintu Besar Selatan 2 Nomor 16, Gang Gloria. Jam bukanya mulai dari jam 9.30 WIB hingga jam 16.30 WIB.

Makanan gado-gado direksi ini memiliki cita rasa bumbu yang sangat khas dengan rasa manis dan gurihnya bercampur dengan aneka macam sayuran dan lontong enak. Harga makanan ini juga cukup terjangkau, sekitar Rp 35 ribuan saja.

4.Kedai Djakarte

Kedai Djakarte merupakan kedai yang menyajikan menu makanan khas betawi, bangunan ini terletak di seberang Museum Bank Indoneesia dan memiliki jendela-jendela hijau yang ikonik.

Di kedai Djakarte ini, para pengunjung bisa menikmati karya seni yang ada di dalam kedai sambil menunggu makanan datang dan disajikan. Selain itu, ada juga sate ayam, bandrek hingga es toples yang bisa kamu pesan disini. Harga dari setiap menu yang ditawarkan juga bervariasi dan tidak terlalu mahal.

5.Cafe Batavia

Kafe dengan nuansa otentik ini bisa kamu kunjungi ketika kamu tiba pertama kali di Kota Tua karena kafe batavia menyediakan berbagai macam menu menarik dan lezat yang wajib kamu coba.

Kafe ini terletak di kawasan museum fatahillah dan merupakan salah satu kafe paling terkenal yang ada di Jakarta. Kafe ini hadir dengan konsep interior kolonial yang akan membuatmu merasa sedang berada di masa lalu.

Selain itu, menu makanan yang ditawarkan juga cukup beragam dengan harga yang masih terjangkau.

kota banten

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Di Kota Banten

Banten menjadi salah satu Kota yang terkenal di Indonesia. Kota ini memiliki ragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu Banten juga mempunyai wisata kuliner yang terkenal memiliki cita rasa yang lezat.

Nah, jika kamu berkunjung ke Banten maka tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke tempat wisata kuliner enak di Banten berikut ini.

1.Nasi Sumsum

1.Nasi Sumsum

Nasi sumsum merupakan sebuah olahan nasi yang memiliki rasa gurih dan lezat. Olahan kuliner ini terdiri dari campuran nasi dan sumsum tulang belakang yang sudah dibumbui untuk menghasilkan rasa yang lezat.

Cara mencampur nasi dengan sumsumnya juga sangat unik yaitu dengan cara menggorengnya kemudian campuran nasi dengan sumsum ini langsung dibungkus menggunakan daun pisang lalu di panggang.

Buat kamu yang ingin mencicipi kuliner banten yang lezat ini, kamu bisa datang ke Pasar Lama.

2.Angeun Lada

2.Angeun Lada

Angeun Lada berasal dari kata ‘angeun’ yang memiliki arti sayur dan lada. Kuliner ini memiliki ciri khas kuah yang sangat banyak. Sayur ini juga dilengkapi dengan daging sapi atau kerbau yang lezat. Tak lupa hidangan walang khas Banten juga dimasukkan ke dalam Kuliner ini.

Hidangan ini biasanya akan disajikan ketika lebaran atau berkumpul dengan keluarga. Namun, wisatawan Banten juga bisa merasakan hidangan ini dengan berkunjung ke Warung Makan Doa Nini Aki di Jalan Raya Petir Serang.

3.Pecak Bandeng

3.Pecak Bandeng

Pecak Bandeng merupakan sebuah hidangan asal Banten yang sangat sederhana. Hidangan lezat ini terdiri dari Pecak dan ikan bandeng. Pecak sendiri merupakan istilah untuk sambal pedas yang dicampur dengan bahan lezat lainnya.

Kamu bisa datang ke Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kaseman jika ingin merasakan kuliner khas Banten ini.

4.Sate Bandeng

4.Sate Bandeng

Selain Pecak bandeng, Banten juga memiliki olahan bandeng lainnya yakni Sate Bandeng.

Sate Bandeng merupakan hidangan makanan enak asli banten yang unik karena meskipun bandeng ini disajikan secara utuh namun sate bandeng tidak memiliki tulang sama sekali. Selain itu, ikan ini juga di isi dengan campuran tepung dan telur sehingga dagingnya semakin halus dan enak ketika dimakan.

5.Rabeg Banten

5.Rabeg Banten

Nah, jika anda ingin menambah energi anda selama berada di Banten. Anda bisa mencoba Rabeg. Rabeg sendiri merupakan sebuah daging dan jerohan kambing yang dibumbui dengan berbagai macam bumbu serta rempah-rempah yang menghasilkan cita rasa enak dan gurih.

Namun, kalian harus hati-hati ketika menyantap Rabeg karena olahan ini terbuat dari daging gambing. Kamu harus memperhatikan kadar kolestrol dalam tubuhmu sendiri.

tempat makan bekasi

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Nikmat Dan Lezat di Bekasi

Bagi anda yang berencana datang ke Kota Bekasi. Anda bisa mencicipi tempat wisata kuliner di Bekasi yang enak dan memiliki menu dengan harga yang terjangkau.

Banyak menu yang disajikan oleh berbagai restoran di Bekasi seperti makanan modern hingga tradisional. Rasanya juga enak dan lezat sehingga tidak akan mengecewakanmu.

Nah, berikut ini rekomendasi tempat kuliner di Bekasi yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau teman.

1.Eat Happens

Tempat makan eathappens memiliki konsep yang unik karena tempat ini menyediakan menu seperti martabak, nasi goreng hitam dan lainnya.

Meskipun Eat Happens dikenal sebagai salah satu tempat nongkrong anak muda. Kamu masih bisa datang kesini bersama keluargamu untuk mencicipi menu makanannya yang enak.

2.Double U Steak

Nah, buat kamu pecinta Steak. Kamu bisa datang ke Double U Steak. Tempat ini menjadi salah satu wisata kuliner bekasi terbaik yang menyajikan rasa steak yang berbeda dengan Steak house yang lain.

Konsep restoran ini sangat sederhana namun menarik dan menyajikan banyak menu nikmat yang menggugah selera.

3.Raja Sunda

Raja Sunda merupakan tempat makan keluarga di Bekasi yang menyediakan berbagai menu  masakan sunda seperti dara goreng, tahu tempe, ikan asin dan masih banyak lagi menu makanan nikmat yang disediakan oleh Raja Sunda dengan harga yang terjangkau.

4.Bandar Djakarta

Jika kamu suka dengan masakan seafood, kamu bisa berkunjung ke Bandar Djakarta. Tempat makan ini cocok untuk pecinta seafood karena tempat ini menyediakan menu seafood yang memiliki rasa lezat.

Selain itu, Bandar Djakarta juga mengusung konsep yang berbeda. Pengunjung bisa memilih bahan makanan layaknya sedang berada di pasar ikan, ada ikan kerapu, bawal, kakap putih, tawasang, kerang dara, kepiting dan yang lainnya yang bisa pengunjung pilih secara bebas.

Lalu, pihak Bandar Djakarta juga menyediakan hiburan berupa live band yang akan menemanimu ketika makan.

5.Masturiya

Masturiya merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Bekasi yang memiliki konsep restoran jepang. Restoran Masturiya tidak kalah dengan restoran jepang lainnya yang ada di Jakarta.

Banyak menu makanan nikmat dan lezat yang disediakan oleh Masturiya dengan harga yang cukup terjangkau sehingga tidak akan menguras isi kantongmu.

Nah, itu dia rekomendasi tempat makan keluarga di Bekasi yang wajib kamu kunjungi ketika sedang liburan di sini.

tempat makan enak di depok

Daftar Tempat Wisata Kuliner di Depok yang Enak

Kota Depok berada diperbatasan Ibukota Jakarta yang membuatnya memiliki pertumbuhan yang cukup pesat. Nampaknya, hal ini juga berimbas pada wisata kuliner di Depok.

Ada banyak sekali tempat kuliner di Depok yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang berkunjung ke tempat makan enak ini ketika sedang berada di Kota Depok.

Bagi anda yang sedang berencana ke Kota Depok, berikut ini tempat wisata kuliner di Depok yang wajib anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat dekat.

Tempat Makan Enak di Depok Untuk Keluarga 2019

Saung Telaga

Saung Telaga merupakan tempat makan yang nyaman di Depok yang menawarkan suasana alam yang asri. Kamu bisa membawa keluargamu atau temanmu untuk makan bersama disini.

Ketika kamu masuk ke area restoran. Suasana khas pedesaan akan langsung terasa, ada saung-saung di atas danau buatan. Lalu, kamu bisa makan disaung-saung tersebut sambil berbincang dengan anggota keluarga menikmati indahnya pemandangan alam yang asri.

Restoran Saung Telaga menawarkan hidangan makanan khas Sunda. Beberapa diantaranya seperti sayur asem, ikan goreng, ikan bakar dan berbagai macam olahan sambal untuk melengkapi santapan anda.

Pondok Laras

Tempat makan enak di Depok selanjutnya adalah Pondok Laras. Sama seperti Saung Telaga. Tempat ini juga menyediakan lokasi dengan nuansa alam yang indah dan menu makanan khas Sunda yang enak dengan harga terjangkau.

Tempat makan di Pondok Laras berupa saung-saung yang terletak di atas kolam ikan dengan dikelilingi oleh aneka tanaman hijau yang asri sehingga menciptakan suasana yang begitu nyaman. Selain itu, tempat ini juga menyediakan area bermain untuk anak-anak yang lumayan luas.

Rumah Makan Mang Engking

Rumah Makan Mang Engking saat ini sudah memiliki banyak cabang di berbagai Kota Indonesia. salah satunya adalah cabang Depok. Tempat makan ini berlokasi di Kawasan Jalan Lingkar Utara Kampus Raya, Beji.

Restoran ini mengusung konsep pedesaan dengan adanya rumah saung yang berdiri di atas kolam. Untuk menu, restoran ini menyediakan menu andalan udang bakar madu.

Takarajima

Nah, jika keluargamu suka dengan makanan jepang. Kamu bisa datang ke Takarajima untuk menikmati sajian makanan khas jepang yang enak. Ada beberapa menu enak khas jepang seperti Nigiri Salmon, Miso Soup dan masih banyak lagi.

Harga makanan di Takarajima juga sangat terjangkau. Jadi kamu tidak perlu khawatir soal dompet jebol.

Itu dia tempat wisata kuliner nikmat yang ada di Kota Depok yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berada di Kota ini.

tempat makan warteg

Rekomendasi Warteg Murah di Jakarta yang Enak

Kita semua tau Warteg merupakan identitas kuliner bangsa Indonesia. meskipun asalnya dari Tegal, Warteg di Jakarta sudah sangat banyak disetiap sudut kota. Karakteristiknya juga sangat mudah dikenali. Kebanyakan warteg enak di Jakarta itu berupa warung sederhana yang didalamnya ada lemari kaca untuk menyimpan lauk pauk dan sayuran khas rumahan.

Warteg memiliki menu yang beragam dengan rasa yang enak serta harganya terjangkau. Membuat tempat makan murah ini digemari dan jadi langganan banyak masyarakat dari berbagai kalangan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada kalian mengenai warteg yang terkenal di Jakarta. Yuk langsung saja.

1.Warteg Warmo

Warteg Warmo merupakan salah satu warteg yang melegenda di Indonesia. lokasi warteg ini mudah ditemukan di perempatan Jl. Tebet Timur dan buka 24 jam. Warteg ini sudah menjadi langganan para artis dan tokoh masyarakat di Indonesia.

Ada banyak sekali pilihan lauk enak yang bisa kamu nikmati diwarteg ini, selain itu harganya juga murah dan memiliki cita rasa yang enak.

2.Warteg Gang Mangga

Warteg Gang Mangga berlokasi di Glodok, tepatnya di Gang Mangga. Warteg ini selalu penuh dengan antrean orang yang ingin makan. Warteg di Jakarta ini buka 24 jam untuk melayani pengunjung.

Warteg Gang Mangga memiliki menu sayuran dan lauk yang bervariasi serta memiliki rasa yang enak. Soal harga kamu tidak usah khawatir karena warteg ini harga makanannya Murah.

3.Warteg Kharisma Bahari

Buat kamu yang bertempat tinggal di Jakarta, pasti tau Warteg Kharisma Bahari. Tempat makan murah ini punya banyak cabang lho di Jakarta. Ada 92 lokasi Warteg Kharisma Bahari yang bisa kamu temukan di Ibukota ini.

Menu warteg ini sangat beragam dan memiliki cita rasa yang enak, selain itu harga yang ditawarkan juga sangat murah.

4.Warteg 21

Warteg 21 terletak di Daerah Pulomas di Jakarta Timur. Diberi nama 21 karena Warteg ini terletak tepat berada di sebelah SMAN 21.

Meski bangunannya sederhana, tapi masakan disini memiliki rasa yang enak dan kamu bisa mendapatkan porsi besar jika makan di tempat ini.

Itulah daftar nama warteg terkenal yang ada di Jakarta, warteg menjadi tempat alternatif masyarakat Jakarta untuk makan siang. Semoga informasi ini bermanfaat.

wisata kuliner enak di bali

Rekomendasi Tempat Makan Enak di Bali Yang Wajib Kamu Coba!

Sangat disayangkan apabila kita Liburan jika tidak menjajal tempat wisata kuliner khas daerah tersebut. Di Bali terdapat banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

Selain tempat wisata, ternyata di Bali juga ada banyak wisata kuliner yang bisa kamu coba. wisata kuliner bali memiliki ragam makanan dan cita rasa yang khas tentu sangat menggugah selera.

Nah, bagi kalian yang berencana liburan ke Bali dalam waktu dekat, berikut ini tempat wisata kuliner khas bali yang bisa kamu datangi.

1.Warung Nasi Bali Men Weti

Warung Nasi Bali Men Weti merupakan salah satu tempat makan legendaris Bali yang sudah buka sejak tahun 1970. Tempat makan enak di Bali ini sering diburu wisatawan lokal dan asing. Pelanggan sangat suka nasi campur khas Weti karena memiliki rasa pedas yang khas.

Kamu bisa makan di tempat atau dibungkus karena warung ini kurang begitu luas. Jadi kalo rame, terpaksa kalian harus membungkus makanannya.

2.Warung Wardani

Warung Wardani terletak agak sedikit jauh dari keramaian kota Denpasar. Namun, warung ini selalu ramai peminat.

Objek wisata kuliner ini menyediakan makanan khas bali dengan menu yang sangat menggiurkan yaitu nasi campur ayam dan nasi campur daging.

Memang terdengar biasa saja, namun rasa yang khas dan aroma rempah-rempah khas Bali membuat warung ini jadi primadona bagi wisatawan.

3.Nasi Ayam Kedewetan Ibu Mangku

Di Nasi AYAM Kedewetan Ibu Mangku kamu bisa menemukan nasi campur bali yang terkenal dengan rasa enak dan khasnya. Ada beberapa cabang warung ini yang bisa kamu datangi.

Tempat ini hanya menawarkan satu menu yakni nasi ayam yang dibagi dua penyajian yaitu dicampur dan dipisah. Rasanya yang enak membuat warung ini memiliki pelanggan setia.

4.Warung Pojok

Warung Pojok sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun manca Bali. Hal ini karena harga makanan yang ditawarkan cukup murah dengan rasa yang enak dan menu beragam.

Menu andalannya nasi campur berisikan daging sapi sisit, paru, ayam sisit dan masih banyak lagi.

5.Sop Ikan Warung Mak Ben

Nah, buat kamu yang sedang mencari makanan seafood di bali. Kamu bisa datang ke Sop Ikan Warung Mak Ben.

Warung ini hanya memiliki satu menu saja yakni menu paket sederhana. Paket ini berisi nasi putih, sambal, ikan gorang dan sop ikan dengan bumbu tradisional yang khas yang bisa membuat pengunjung selalu ketagihan akan rasanya yang unik.

Nah, itu dia rekomendasi tempat makan di Bali yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berliburan dibali nantinya.

tempat makan semarang

5 Tempat Makan Enak di Semarang, Pecinta Kuliner Wajib Coba!

Selain terkenal sebagai Kota Pariwisata ternyata Semarang juga dikenal memiliki tempat makan yang enak dan lagendaris. Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya jika kita ke semarang tanpa mencoba kuliner khasnya.

Ada banyak sekali jenis kuliner enak di Semarang yang bisa kamu coba, mulai dari cemilan pisang, leker, soto hingga makanan berat seperti nasi bebek. Seluruhnya hadir dengan konsep dan rasa yang bervariasi.

Nah, buat kamu yang ingin berwisata ke Kota Semarang. Berikut ini rekomendasi tempat makan enak di Semarang yang wajib kamu kunjungi.

1.Soto Bangkong

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang hanya bisa kamu temui diberbagai daerah saja. Ada soto madura, soto lamongan hingga coto makassar. Ternyata di Semarang juga memiliki Soto khasnya yang bernama Bangkong.

Ciri khas soto bangkong sendiri terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecoklatan, soto ini dilengkapi dengan daging ayam suwir, bihun, potongan taoge dan bawang goreng.

2.Waroeng Kaligarong

Kuliner khas dari semarang yang selanjutnya adalah Waroeng Kaligarong yang terkenal dengan kenikmatan sambal mangganya.

Waroeng Kaligarong terletak di Jalan D.I.Pandjaitan no.64 dan jaraknya hanya 600 meter dari Simpang Lima pusat kota Semarang. Tempat makan ini memiliki banyak menu makanan khas jawa, namun yang menjadi menu favorit pengunjung adalah Bebek Goreng Sambal Mangga.

Selain itu, ada juga menu Cumi Hitam Mangga Muda yang diincar para pecinta kuliner setiap kali berkunjung kesini.

3.Gubug Makan Mang Engking

Gubug Mang Engking memiliki konsep yang unik dan menawarkan tempat makan lesehan yang dikelilingi dengan kolam iklan. Joglo-joglo kecil dijadikan sebagai tempat makan disini, kamu bisa menikmati pemandangan gunung yang indah sekaligus serta bisa memberi makan ikan secara langsung.

Menu makanan yang ditawarkan antara lain udang bakar madu, gurami bumbu cobek, iga sapi dan masih banyak lagi. Rasanya juga sangat enak sehingga kamu akan puas dengan menu makanan disini.

4.Joglo Agung Resto dan Galeri

Hadir dengan konsep rumah makan bergaya tradisional, Joglo Agung Resto dan Galeri memiliki menu khas seperti iga bakar, penyet, tongseng dan yang lainnya.

Harga dari menu ini juga bervariasi, ada yang murah namun ada juga yang mahal. Tergantung apa yang dipesan, rasa makanan dan minumannya juga enak, mampu bersaing dengan restoran enak di semarang yang lain.

5.Kampung Laut

Nah, buat kamu yang ingin makan bersama dengan keluarga ditempat makan semarang yang enak, kamu bisa mengunjungi Kampung Laut. Tempat makan ini mengusung konsem makan ditepi sungai.

Kamu bisa duduk bareng dengan keluarga besar didalam joglo kecil beratapkan jerami, menu seafood andalannya memiliki rasa yang sangat enak dengan harga yang bervariasi.

Itulah 5 Tempat makan enak di kota semarang yang wajib kamu cicipi jika sedang berada di Kota ini.

wisata kuliner murah di jakarta

5 Tempat Makan Murah di Jakarta Yang Enak

Ibukota jakarta memang dikenal memiliki biaya hidup yang cukup mahal, harga makanan di Jakarta relatif lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

Namun, buat kamu yang memiliki uang makan pas-pasan tiap Bulan, ternyata di Jakarta ada Kuliner Murah yang bisa kamu coba lho. Penasaran tempat makan apa saja yang murah di jakarta? Yuk simak artikel ini sampai selesai.

1.Kerang Kiloan Pak Rudi

Buat kamu pecinta seafood, tempat makan di jakarta yang satu ini wajib sekali untuk kamu datangi karena tempat makan murah di jakarta ini menyajikan hidangan aneka kerang dengan harga yang murah dan rasa yang enak.

Tempat makan kerang kiloan Pak Rudi terletak di Jalan Tebet Timur raya no 43 memiliki menu kerang dan harga yang bervariasi. Dengan begitu, kamu jadi bisa memilih menu kerang yang sesuai dengan isi kantongmu.

2.Nasi Ulam Ibu Yoyo

Nasi ibu yoyo merupakan salah satu tempat kuliner murah yang ada di jakarta dan wajib kamu cicipi. Nasi ulam sendiri merupakan nasi dengan taburan serundeng, kecambah dan taburan bawang yang dicampur dengan berbagai macam lauk.

Menariknya, harga dari menu ini cukup terjangkau yaitu hanya Rp 7000-20.000 tergantung lauk yang kamu pilih.

3.Bakmi Bangka Awat

Wisata kuliner murah di jakarta yang lainnya yakni Bakmi Bangka Awat, tempat makan ini berlokasi di Jalan Raya Pelepah Indah, Kelapa Gading dan menawarkan beragam menu bakmi lezat dengan harga yang murah.

Menu andalannya sendiri mulai dari bakmi, bihun hingga kwetiau bisa kamu santap dengan harga sekitar Rp 20.000 saja, murah kan? Selain itu ada menu lain juga seperti bakso sapi, fukian dan bakso ikan serta masih banyak lagi yang bisa kamu pesan di Bakmi Bangka Awat.

4.Nasi Kapau Pasar Senen Sabana Asli

Nah, buat kamu yang bertempat tinggal di kawasan senen. Kamu bisa menjumpai makanan khas minang di Jalan Kramat Raya No 15.

Menu yang paling banyak dipesan oleh orang ketika kesini adalah Ayam Bakar Bumbu minangnya, rasanya enak dan harganya juga murah hanya sekitar Rp 20.000 saja.

5.Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy dulunya merupakan roti bakar kaki lima di Jalan Sisingamangaraja namun Kini Roti Bakar Eddy menjadi salah satu tempat makan legendaris murah di jakarta.

Roti Bakar Eddy selalu menjaga kualitas rasa roti bakar yang dijualnya dan selalu memiliki menu baru untuk menambah variasi menunya.

Itu dia beberapa tempat makan murah di jakarta yang bisa menjadi destinasi wisata kuliner kamu ketika tiba di Jakarta.

kuliner jakarta

Rekomendasi Tempat Kuliner di Jakarta Yang Enak dan Murah

Ibukota jakarta tidak hanya terkenal dengan tempat wisata bersejarahnya yang bagus, Namun juga banyak lokasi wisata kuliner enak yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di jakarta.

Berikut ini saya berhasil merangkum tempat makan enak di jakarta yang wajib kamu coba nanti, Yuk langsung saja baca rekomendasi kuliner jakarta enak di bawah ini.

1.Bandar Djakarta

Bandar Djakarta merupakan salah satu tempat makan enak yang ada di jakarta dan lokasinya berada di tepi laut jakarta, tepatnya di Ancol. Tempat ini seringkali menjadi tempat nongkrong anak-anak muda yang selalu ramai setiap hari.

Bandar Djakarta memiliki desain yang apik yang akan membuatmu betah berlama-lama disini, selain itu bangunan ini memiliki kapasitas 200 orang dibangun pada tahun 2001 dan menjual menu hidangan laut.

2.Kuliner Ragusa Es Italia

Buat kamu pecinta es, kamu wajib mencoba Kuliner Ragusa Es Italia. Cita rasanya jangan diragukan lagi karena kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1932.

Menu andalan tempat ini tak jauh dari kata spageti karena kedai ini menyajikan makanan khas italia, selain itu ada juga es krim spageti yang rasanya nikmat sekali.

3.Mie Ayam Gondangdia

Kuliner enak di jakarta yang wajib kamu kunjungi juga adalah Mie Ayam Gondangdia, Harga kuliner ini termasuk murah hanya sekitar 20 ribu hingga 0ribu saja.

Meskipun lokasinya bukan tempat kekinian, Mie Ayam Gondangdia selalu ramai pengunjung setiap hari dan berlokasi di daerah macet.

4.Sate & Sop Kambing H. Mansyur

Buat kamu pecinta daging, kamu bisa mencicipi hidangan Sate dan Sop kambing H. Mansyur yang memiliki cita rasa lezat. Selain itu restoran ini juga menyediakan sate ayam jika kamu tida begitu suka daging kambing.

Sate kambing H. mansyur memiliki bumbu yang khas sehingga mempunyai cita rasa lezat dan nikmat di lidah, kamu bisa datang ke tempat ini bersama keluarga atau pacar dan makan sate kambing bersama.

5.Bubur Ayam Barito

Kuliner bubur ayam barito cukup populer di jakarta dan wajib kamu cicipi jika sedang berada di ibukota ini, bubur ini mempunyai tekstur yang lembut dan dilengkapi dengan  banyak topping enak.

Harga bubur ayam barito juga terjangkau dan tidak akan membuat kantongmu jebol, selain itu warung makan ini buka setiap hari jam 7 malam.

kuliner enak di surabaya

5 Wisata Kuliner di Surabaya yang Enak dan Terkenal

Kota Surabaya tidak hanya terkenal dengan pusat perbelanjaannya, Kota terbesar kedua yang ada di indonesia ini juga dikenal sebagai gudang wisata kuliner, ada banyak sekali jenis makanan dan minuman unik yang bisa kamu temukan disana.

Beragam makanan lezat dan khas bisa kamu coba, yang belum tentu bisa didapatkan dikota lain. Kalaupun bisa, rasanya belum tentu sama. Maka dari itu sebelum kalian ke surabaya. Yuk baca rangkuman kuliner khas surabaya yang bisa anda cicipi.

1.Nasi Goreng Jancuk

Nasi goreng mungkin menjadi makanan favorit orang indonesia, namun berbeda dengan nasi goreng jancuk yang hanya bisa kamu temukan disurabaya. Nasi goreng khas surabaya ini tidak bisa kamu lewatkan begitu saja ketika berada dikota ini.

Jika kamu ingin mencoba nasi goreng ini, ada baiknya membawa teman karena porsinya cukup banyak. Bahkan cukup untuk sekitar empat sampai lima orang. Kamu bisa mencicipi nasi goreng jancuk di Royal Plaza dengan harga sekitar 150rb saja.

2.Rawon Setan Mbak Endang

Buat kamu pecinta rawon, wajib banget nih buat nyobain Rawon Setan Mbak Endang yang ada disurabaya.

Disebut rawon setan karena warung ini hanya buka pada malam hari saja, daging rawon yang diberikan juga cukup besar dan empuk. Lalu rasa kuahnya juga enak, cocok dengan rasa dagingnya sehingga akan memberikan rasa yang khas untuk lidahmu.

3.Kepiting Cak Gundul 1992

Makanan khas surabaya lainnya adalah Kepiting Cak Gundul 1992, Warung ini menyediakan hidangan laut yang rasanya nendang abis sehingga buat kamu yang suka dengan seafood jangan lupa mampir kesini jika sedang berada di surabaya.

Direstoran ini terdapat berbagai macam tangkapan laut seperti kepiting dan ikan, kamu bisa memilih ukuran kepiting untuk disantap beserta dengan sausnya.

4.Sate Lisidu

Sate lisidu mungkin bisa menjadi tujuan wisata kuliner surabaya selanjutnya, Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini memiliki bentuk yang pipih memanjang sehingga pada satu tusuk sate hanya terdapat satu potong daging saja.

Dilengkapi dengan bumbu kacang yang gurih, menjadikan sate lisidu enak disantap saat berkumpul bersama keluarga.

5.Es Krim Zangrandi

Cuaca disurabaya tidak berbeda dengan jakarta, sangat panas. Untuk itu kita perlu mencari kudapan yang bisa menyegarkan dan mengurangi suasana hati yang gerah akibat cuaca panas disurabaya ini.

Buat kamu yang suka es krim, kamu bisa mengunjungi Zangrandi. Kedai es krim yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat surabaya karena memiliki rasa yang enak dan unik.

makanan enak kota bogor

5 Kuliner Khas Kota Bogor Yang Cocok Untuk Kalian Makan

Buat kamu penikmat kuliner saya. punya rekomendasi kuliner khas bogor nih buat kamu. Kuliner ini begitu fenomenal di dunia Kuliner indonesia karena rasanya unik dan enak.

Makanan khas bogor memiliki variasi yang luar biasa, Hampir semua rasa ada didalamnya. Dari yang gurih, manis, hingga asin ada didalamnya yang membuat kuliner asli bogor layak masuk ke rencana wisata makanan kalian selanjutnya.

Yuk simak makanan khas bogor terbai yang bisa kalian cicipi dibawah ini.

1.Toge Goreng Haji Omah

makanan asli bogor

Toge Goreng Haji Omah sudah berdiri sejak 1970-an, Makanan ini menjadi salah satu makanan khas bogor yang melagenda dan hits hingga sekarang. Rasanya yang pedas dan gurih membuat selera makan orang tergugah.

Dengan siranam bumbu tauco asli dan tauge yang segar membuat siapapun yang menikmatinya akan merasa puas. Harga makanan ini juga bersahabat, Cukup dengan uang 15 rb kamu sudah bisa dapat 1 porsi Toge Goreng Haji Omah.

Lokasi: Jalan Jend.Sudirman No. 23A, Pabaton, Bogor Tengah, Sempur, Jawa Barat.

2.Es Pala Pak Ujang

kuliner asli bogor

Makanan khas bogor berikutnya adalah Es Pala Pak Ujang, Kuliner ini sudah lebih dari setengah abad bertahan menjadi makanan khas bogor karena memiliki cita rasa yang terus dipertahankan sejak dulu. Kuliner segar yang saat ini ditangani oleh Pak Ata beserta keluarga ini memiliki keunikan rasa, mulai dari asam khas pala, manis dari gula dan kesegaran dari es yang ditambahkan didalamnya.

Sajian ini sangat cocok kamu nikmati ketika cuaca sedang panas. Karena bisa membuat tubuhmu kembali segar dan fit.

Lokasi: Pasar Bogor, Lantai Dasar Blok H No.6 JL.Surya Kencana, No.3 Babakan, Jawa Barat.

3.Doclang Pak Odik

makanan unik dari bogor

Kalo dijakarta terkenal dengan makanan ketoprak, maka di bogor identik dengan doclangnya. Bedanya pada doclang bihun dan tauge diganti dengan kentang dan telur rebus yang menjadi pelengkap lontong atau ketupat.

Kerupuk dan bawang goreng juga bisa menjadi cita rasa yang tidak boleh dilewatkan, salah satu tempat terbaik di bogor untuk menikmati doclang adalah di warung Pak Oding. Dengan uang 10rb kamu sudah bisa memakan Doclang enak khas bogor.

Lokasi: Jalan Pasir Kuda, Bogor

4.Bapatong Taman Kencana

makanan murah dari bogor

Bapatong merupakan kependekan dari Bakso Kupat Gentong, makanan unik dari bogor ini menjadi salah satu jajanan yang hits karena memiliki rasa dan tekstur yang khas yang membedakannya dengan kuliner bakso lainnya.

Selain itu bentuk daging bakso Bapatong juga dipola secara khusus berbentuk potongan dadu dengan tambahan iga sapi sebagai topping diatasnya. Sajian ini cocok untuk dinikmati saat dingin atau hujan.

Lokasi: Jl.Taman Kencana, Babakan, Bogor Tengan, Kota Bogor.

5.Ngo Hiang Gang Aut

makanan asli dari bogor

Kuliner ini merupakan makanan khas dari tionghoa yang masuk ke kota bogor, Di negeri asalnya makanan ini berbahan dasar babi, namun sudah dimodifikasi sedemikian rupa ketika masuk ke indonesia. Olahan daging dibalut dengan tepung dan digoreng lalu dicampur dengan saus khas Ngo Hiang.

Yang akan memberikan rasa asam dan manis, plus dilengkapi dengan acar lobak untuk menambah cita rasa unik.

Lokasi: Jalan Pahlawan No.33 Bondongan, Bogor Selatan, Sukasari

Kesimpulan

Makanan kuliner khas bogor ini cocok dimakan bersama dengan teman atau keluarga kalian ketika berkumpul bersama, Dijamin rasanya enak dan cocok disemua lidah orang. Harganya juga murah-murah sehingga tidak akan membuat kantongmu tipis.