makanan khas bangka belitung

Makanan Khas Bangka Belitung; Banyak Hidangan Seafood yang Unik dan Lezat!

Bangka Belitung ternyata mempunyai banyak macam kuliner makanan khas Bangka Belitung yang masih eksis sampai sekarang loh. Makanan khas Bangka Belitung kebanyakan terbuat dari ikan atau seafood. Tidak heran, karena memang provinsi Kepulauan Bangka Belitung dekat dengan Lautan.

Selain laut, terkadang masakan khas Bangka Belitung juga memanfaatkan hasil perkebunannya. Apabila kalian berpergian ke Bangka, ada beberapa kuliner belitung yang wajib kalian coba. Penasaran? Yuk cek ulasannya dibawah ini.

Rekomendasi 10 Makanan Khas Bangka Belitung

Di Bangka Belitung, pertemuan budaya setempat dengan budaya Tionghua sangat mempengaruhi cita rasa makanan khas Bangka Belitung. Meski begitu, rasa khas dari Bangka Belitung masih tetap muncul.

Lempah

Lempah merupakan hidangan berkuah yang berbahan dasar seafood atau daging sapi. Masakan ini dibumbui rempah-rempah beraroma kuat. Dalam bahasa Belitung, lempah juga disebut dnegan gangan.

Ada beberapa jenis lempah yang terdapat di kuliner Belitung. Seperti, Lempah kuning atau lempah nanas yang memiliki kuah berwarna kuning dengan potongan nanas. Lempah satu ini menggunakan ikan kakap merah atau tenggiri sebagai bahan dasarnya. Ada juga yang menggantinya dengan daging sapi.

Selain itu, ada lempah daret yang berbahan dasar umbi dan sayuran dengan kuah rempah. Lalu ada lempah kulat yang terbuat dari kulat / jamur khas Bangka yang biasanya dimasak dengan santan.

Rusip

Rusip merupakan makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan teri fermentasi dengan garam, kemudian ditambahkan gula jawa sebagai perasa. Rusip juga sering dipilih sebagai oleh-oleh khas Belitung.

Mie Belitung

Mie Belitung adalah salah satu wisata kuliner bangka yang menggunakan mie kuning biasa dan disajikan bersama dengan kuah kaldu yang dibuat dari olahan udang, kentang rebus, timun, dan taburan emping.

Selain udang, kuahnya juga dicampur dengan bumbu rempah pada umumnya seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan jahe.

Mie ini dihidangkan dalam mangkok dan paling enak dimakan saat kuahnya masih panas.

Mie Koba

Bangka Belitung punya sajian mie yang khas dan lezat. Tepatnya di Bangka Tengah. Terdapat sajian unik yang dikenal dengan nama Mie Koba. Mie ini merupakan mie yang disajikan dnegan kuah dari kaldu daging ikan tenggiri yang sangat khas.

Dalam satu porsi mie Koba, terdapat telur ayam, seledri, dan bawnag goreng yang semakin menambah cita rasa. Mie ini terkenal dengan cita rasanya yang gurih berasal dari ikan tenggiri. Tambahan perasan jeruk membuat cita rasa mie ini semakin mantap.

Mie ayam Bangka

Masih berhubungan dengan Mie, mie ayam bangka ini mempunyai tekstur yang kenyal dan cita rasa yang gurih. Ada pula sayuran dan daging yang menambah cita rasa mie ini.

Keunikkannya terdapat pada kuahnya. Penyajian mie ayam ini terpisah dengan kuahnya dan identik dengan rasa merica.

Kuahnya terbuat dari kaldu ayam yang dimasak lama. Biasanya, mie ayam Bangka disajikan dengan bakso agar lebih mengenyangkan.

Martabak Bangka

Martabak Bangka memang sangat terkenal di Bangka. Makanan khas mereka ini kerap dijumpai di kota-kota di Indonesia. Awalnya, martabak disebut dengan nama Hok Lo Pan.

Martabak Bangka mempunyai cita rasa yang manis sehingga tak jarang dipanggil dengan martabak manis. Makanan khas Bangka Belitung ini terbuat dari tepung terigu dan mentega untuk kemudian dibuat adonan bulat membentang.

Pada bagian atas biasanya diberikan topping seperti coklat meises, kacang tanah, keju, susu kental manis, dan wijen.

Berego

Berego adalah makanan khas provinsi Bangka Belitung yang mirip dengan lontong opor. Bedanya, Berego terbuat dari campuran beras dan sagu namun bentuk dan warnanya sama persis dengan lontong yang biasa kita santap.

Cara penyajiannya juga hampir mirip dengan lontong. Berego disajikan dengan kuah yang dibuat dari kari ikan. Biasanya, Berego disantap bersama makanan lain seperti gangan, lakso, dan lain-lain.

Sup Gangan

Sup gangan menggunakan ikan tenggiri besar sebagai bahan utamanya. Biasanya, sup ini dimasak dengan berbagai rempah dan bumbu. Cita rasanya menjadi sangat unik. Bahkan, bau amis dari ikan tenggiri pun tidak akan terasa.

Getas Bangka

Getas Bangka memiliki bentuk bulat dan panjang serta mempunyai rasa yang gurih dan sangat cocok untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Selain itu, getas juga bisa dibuat sebagai pendamping lauk dan nasi atau makanan berkuah.

Lakso

Lakso adalah masakan Bangka Belitung yang dibuat dari tepung beras atau tepung sagu. Rasa sajiannya gurih dan nikmat karena disajikan dengan kuah santan kental yang menciptakan cita rasa ikan.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Bangka Belitung yang harus kalian coba saat berkunjung ke pulau Banga Belitung. Dijamin, bakal bikin kamu pengen dateng lagi!