makanan khas palembang

21 Makanan Khas Palembang Yang Unik dan Menarik

Kota terbesar di Sumatera setelah Medan ini memiliki banyak hal istimewa yang bisa ditemukan. Makanan khas Palembang contohnya. Akulturasi dari beragam budaya di kota yang dijuluki Venice of the East ini telah menghasilkan produk kuliner yang bermacam-macam.

Meski terkenal dengan pempeknya, namun ada banyak makanan khas Palembang lainnya yang bisa kalian coba saat berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan ini.

Daftar Makanan Khas Palembang Yang Unik Serta Enak

Jika kalian tertarik dengan kekayaan rasa kota ini, tidak ada salahnya untuk menyediakan waktu khusus saat berwisata kuliner. Beberapa hidangan dibawah ini wajib masuk dalam list liburan kalian di Palembang.

1.Pempek

Makanan khas Palembang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Hampir semua orang pasti pernah mencoba sajian olahan daging ikan dan sagu ini. Biasanya olehannya juga dimodifikasi dengan tambahan tahu, udang, telur, dan lainnya.

Pempek disajikan dengan saus khsuus yang terbuat dari campuran gula merah, cabe, bawang putih, garam, dan udang ebi.

2.Tekwan

Tekwan Palembang atau yang lebih sering disebut dengan bakso merupakan hidangan bakso ikan, mie putih, dan kuah bening dengan rasa yang khas karena terbuat dari sari kelapa udang serta daun bawang.

3.Laksan

Tahu pempek lenjer? Di Palembang, kuliner tersebut tidak dinamai demikian, tapi dinamai laksan. Makanan ini berupa sajian dalam kuah bersantan yang membuatnya mirip dengan lontong sayur.

4.Burgo

Burgo Palembang terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu. Dimasak seperti dadar tipis kemudian digulung dan diiris kasar. Burgo mirip dengan kwetiaw dan disajikan bersamaan dengan kuah gurih.

Kuahnya sendiri terbuat dari santan dan aneka bumbu seperti ketumbar, kencur, kunyit, lengkuas, bawang putih, dan kemiri.

Ada juga daging ikan suwir, bawang goreng, dan potongan telur ayam rebus yang ikut melengkapi sajian makanan khas sumatera ini.

5.Celimpungan

Turunan lain dari pempek ini termasuk sulit ditemukan karena biasanya hanya muncul saat lebaran.

Dengan bahan dasar ikan dan sagu, celimpungan menjadi makanan yang hampir mirip dengan laksan, namun berbentuk bulat putih dan sedikit lebih besar dari tekwan.

6.Lakso

Berbentuk seperti udon, kuah lakso memiliki tekstur yang lebih kental dan gurih. Apalagi dengan tambahan bawang goreng, pasti menambah kenikmatan saat menyantapnya.

7.Martabak HAR

Salah satu kuliner Palembang adalah martabaknya. Komposisinya kurang lebih sama dengan martabak dari daerah lain di Indonesia. Namun yang membedakannya adalah cara menyantapnya. Martabak khas Palembang ini disantap dengan kuah kental kaya rempah dengan beberapa potongan kentang.

8.Mie Celor

Salah satu menu sarapan yang paling diminati adalah Mie Celor. Mie celup ini disajikan dengan kuah kaldu santan kental dengan tambahan tauge dan telur rebus.

Rasa kuah yang gurih serta kaldu rebusan kelapa udang besar menjadikan sajian ini menarik untuk disantap.

9.Pindang Ikan

Selain pempek, salah satu makanan yang harus kalian jajal adalah Pindang Ikan Patin. Masakan kuah santan dan rasa asam, manis, pedas, dan gurih terasa sangat nikmat karena ikannya yang lembut dan segar ini.

10.Bakmi Alun

Bakmi Alun yang berada di Pasar Sayangan ini menjadi makanan khas Sumatera Selatan. Jika mie ayam pada umumnya bertaburkan daging ayam, mie yang satu ini lebih memilih untuk melengkapinya dengan olahan daging babi.

11.Pindang Tulang

Jika Pindang Patin berbahan dasar ikan patin, maka pindang tulang berbahan dasar iga sapi. Hidangan ini memiliki kuah yang cukup membakar lidah.

12.Sate Sapi Cucuk Manis

Sate merupakan sajian yang cukup terkenal dan ada dimana-mana. Namun, sate satu ini ada keistimewaannya tersendiri loh. Seperti namanya, sate ini memiliki rasa yang manis. Tambahan kecapnya lah yang membuat rasanya lebih manis ketimbang sate pada umumnya.

13.Kemplang

Kerupuk khas Palembang ini paling asyik jika disantap dengan secangkir kopi di sore hari. Mendapatkan camilan ini juga mudah karena dijual di sejumlah lokasi penjualan oleh-oleh khas Palembang.

14.Gulo Puan

Terbuat dari susu kerbau dan gula, makanan khas Palembang ini dulunya hanya dinikmati oleh kaum ningrat dan yang sudah berstatus haji saja.

15.Godo-godo

Adonan dai godo-godo mirip dengan pempek. Hanya saja, daging yang digunakan merupakan daging udang dan juga disejikan bersamaan dengan kuah cuka pempek.

16.Roti Koing

Makanan yang wajib dihidangkan di bula puasa ini ternyata merupakan makanan khas Palembang loh. Berbentuk bulat dan sedikit keras, roti ini tidak memiliki rasa.

Biasanya orang memakanya dengan cara disemplungkan ke kopi atau teh hangat.

17.Sambal Tempoyak

Terbuat dari durian yang di fermentasi, sambal ini memiliki rasa asam, pedas, dan manis dengan sedikit rasa durian. Sambal ini paling pas jika dimakan bersamaan dengan sup pindang, atau nasi panas dengan lauk ikan atau ayam goreng.

18.Kue Maksubah

Maksubah merupakan kue lapis khas Palembang yang disajika pada acara-acara khusus saja. Maksubah dianggap sebagai hidangan penghormatan kepada tamu.

Meski hanya berbahan dasar telur bebek, mentega, dan gula kue ini termasuk sulit untuk dibuat karena membutuhkan ketelatenan dalam pembuatannya,

19.Kue Lumpang

Kue Lumpang merupakan jajanan khas Palembang yang terbuat dari tepung beras. Dinamakan kue lumpang karena bentuknya menyerupai lumpang atau wadah untuk menumbuk.

Kue lumpang sangat mudah dibuat dan bahannya mudah didapat. Cukup dengan tepung beras, tepung tapioka, santan, daun pandan, daun suji, garam, serta gula, kalian sudah bisa membuat hidangan ini.

Kue ini bisanya disajikan bersamaan dengan parutan kelapa. Menurut saya, kue ini enak banget dimakan dalam keadaan dingin. Coba deh!

20.Kue Delapan Jam

Dinamai kue Delapan Jam karena pembuatan dari kue ini membutuhkan waktu sekitar 8 jam loh. Konon, kue ini hanya dinikmati oleh kelas bangsawan saja.

Bahan yang diperlukan untuk membuatnya juga sedikit. Hanya membutuhkan susu kental manis, mentega, telur ayam, tepung terigu protein sedang, vanili bubuk, serta gula pasir halus.

21.Es kacang merah

Setelah menjelajahi kuliner Palembang, enaknya diakhiri dengan yang segar-segar nih. Kebetulan Palembang mempunyai jajanan khas yaitu es kacang merah. Bukan hanya menyegarkan, tapi juga memuaskan dahaga dan memanjakan lidah dengan rasa manisnya.

Itulah makanan khas Palembang yang wajib kalian coba saat berkunjung nanti. Jangan lupa berdoa dan cuci tangan sebelum makan ya!